Logo

Masih 218 Sampel Swab Hasil Pemeriksaan Belum Keluar

Bengkulu – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengungkapkan hasil pemeriksaan sampel SWAB sebanyak 218 yang dikirim ke laboratorium Palembang dan Unand belum keluar.

“Jadi, 9 orang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan hasil uji SWAB sebanyak 196 sampel yang kita kirim ke laboratorium fakultas kedokteran Universitas Andalas Padang,” ungkap Herwan, Minggu (17/5/20).

“Dari sampel yang kita kirim, 14 sampel invalid, selebihnya sudah ada hasilnya dan ditemukan 9 kasus positif baru,” tambahnya.

Herwan juga mengungkapkan dari 9 kasus baru tersebebut 7 diantarnya merupakan tenaga kesehatan. Dua orang lagi merupakan masyarakat umum.

“5 orang bertugas di rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu, 2 orang lagi di jajaran Dinas Kesehatan Provinsi,” ungkap dia.

Kasus ini, kata Herwan, berkaitan dengan cluster tenaga kesehatan Rumah Sakit Rujukan Provinsi Bengkulu.

Herwan juga menyampaikan kondisi terkini pasien konfirmasi positif. Dia mengatakan semua pasien saat ini dalam kondisi stabil dan sedang menunggu hasil evaluasi Swab selanjutnya. 

“Secara keseluruhan pasien dalam kondisi stabil sebab kebanyakan adalah orang tanpa gejala (OTG),” terang Herwan

Ia menambahkan, untuk kelompok cluster seperti Aparat, Nakes, dan lainnya masih menunggu hasil evaluasi terbaru, ada yang sudah negatif, dan ada juga yang masih positif.

“Pada Cluster aparat ada beberapa orang yang hasil evaluasinya negatif, begitupun cluster nakes sebagian hasilnya sudah negatif. Tinggal menunggu hasil evaluasi lanjutan, untuk menentukan bagaimana langkah kedepan,” demikian Herwan.(okd)