Bengkulu News #KitoNian

Lempuk, Kue Kenyal dengan Rasa Durian

KOTA BENGKULU – Warnanya hitam, teksturnya kenyal dan aromanya lezat khas durian, apa lagi kalau bukan lempuk. Makanan yang satu ini merupakan camilan khas Bengkulu.

Teksturnya yang kenyal membuat lempuk sangat nyaman saat dikunyah. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat lagi bersantai ditemani secangkir kopi.

Lempuk Durian. Foto, BN

Sesuai dengan namanya, lempuk terbuat dari daging buah durian. Inilah alasan kenapa makanan ini menimbulkan aroma durian yang khas saat dikunyah atau baru dibuka dari kemasan.

Bahan dasar seperti durian diambil dan dimasak dalam wadah besar hingga berwarna hitam. Proses mengaduk juga cukup menguras energi hingga adonan benar-benar rata.

Setelah jadi, lempuk kemudian dibungkus lalu dijual dengan ukuran berat. Di Kota Bengkulu, seperempat kilogram lempuk biasa dijual seharga Rp 35 ribu. Sementara jika memberi satu kilogram utuh bisa dihargai Rp 80 ribu hingga Rp 100 ribu.

Lempuk Durian. Foto, BN

Bentuk yang dijual beragam, ada yang dibentuk pipih, bulat memanjang dan ada juga yang telah dipotong kecil-kecil seperti dodol. Bentuknya disesuaikan dengan kemasan untuk memudahkan wisatawan untuk membeli.

Jika ingin mencicipi makanan ini, Wisatawan tidak perlu repot untuk mencarinya. Lempuk durian kini bisa dijumpai di pusat oleh-oleh di Kota Bengkulu. Tinggal pilih merk dan ukuran yang disukai. (red/adv)

Baca Juga
Tinggalkan komen