Bengkulu News #KitoNian

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Ta 2020 Kabupaten Seluma Diserahkan

SELUMA – Bupati Suluma Erwin Oktavian, S.E. bersama ketua DPRD Seluma Nofi Eriyan Andesca, S.Sos. menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) un-audited Pemerintah Kabupaten Suluma Tahun Anggaran 2020 ke Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Bengkulu, Senin (16/3/2021).

Didampingi oleh Penjabat Sekda Kabupaten Seluma Ir. Ricky Gunarwan, Inspektur Kabupaten Seluma Deddy Ramdhani, SE, M.SE, MA, Kepala BPKD Kabupaten Seluma Marah Halim, S.P., M.P., M.Si., M.Ak. dan hadir juga Waka I DPRD Seluma Sugeng Zonrio, SH, dan Waka II Ulil Umidi, S.Sos.

Bupati Seluma Erwin Oktavian, S.E. dalam sambutannya menyampaikan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah Pasal 190 bahwa Laporan Keuangan Pelaksanaan APBD disampaikan kepada BPK selambat-lambatnya 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

LKPD tersebut terdiri atas neraca, laporan perubahan ekuitas, laporan operasional, laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan arus kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2020 ini telah menerapkan akuntansi berbasis akrual, baik sistem akuntansinya maupun penyajian laporan keuangannya.

Dengan penerapan LKPD berbasis akrual, pemerintah daerah dapat lebih komprehensif untuk menyajikan seluruh hak, kewajiban dan kekayaan serta perubahan kekayaan, hasil, operasi, serta realisasi anggaran dan sisa anggaran lebih.

“Telah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Seluma untuk memperbaiki kesalahan dan kekurangan di masa yang lalu yang berupa temuan dan upaya pencegahan terjadinya Fraud di tahun anggaran ini dengan tindak lanjut serta meningkatkan pengawasan dan pengendalian internal mudah-mudahan membawa perubahan berarti bagi Kabupaten Seluma agar meraih pencapaian opini lebih baik lagi pada saat ini dan dimasa yang akan datang”, jelas Bupati Seluma.

Erwin Octavian juga mengatakan dengan senantiasa mengharap rahmat dan ridho Allah SWT semoga pemeriksaan atas laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Seluma Tahun Anggaran 2020 dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami berharap dengan kerja keras, doa dan kerjasama dari semua pihak pada tahun ini laporan keuangan pemerintah Kabupaten Seluma dapat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” ungkap Bupati Seluma. (Adv)

Baca Juga
Tinggalkan komen