Logo

Lagi, Positif Covid-19 Bengkulu Bertambah 3 Kasus

Bengkulu – Kasus Positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu bertambah 3 kasus. Maka, total kasus berjumlah 40 orang.

Informasi tersebut disampaikan Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu, Jaduliwan, Selasa (12/5/20).

“Satu dari Kota Bengkulu yang merupakan tenaga kesahatan, perempuan 26 tahun dan saat ini dirawat di RS Kota Bengkulu. Kemudian dua orang lagi dari Kaur dan sudah dilakukan isolasi,” sampai Jadiliwan.

Ketiga kasus ini tercatat sebagai kasus 38, 39 dan 40. Untuk kasus 39, merupakan hasil perkembangan riwayat kontak dari kasus pertama.

Tracing kontak eratpun dilakukan kepada keluarga, yang kemudian tercatat sebagai kasus 40.

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, bahwa kasus 39 seorang laki-laki berusia 58 tahun.

Sebelumnya, pada orang tersebut telah dilakukan uji Swab dengan hasil negatif.

Karena ada penemuan dari kontak erat terdapat kasus konfirmasi, maka dilakukan pendalaman dan dilakukan Swab kembali.

“Pendalaman dari kontak tracing ditemukan ada yang positif, dilakukanlah Swab kembali dan hasilnya positif. Pasien keluhan hanya batuk ringan, dan sekarang sudah diisolasi. Keduanya ini (39 dan 40) adalah keluarga,” tutur Herwan Antoni.

Herwan juga menyampaikan perkembangan kondisi kasus pasien positif yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit maupuan isolasi mandiri.

“Ada kabar baik dari pasien 16, hasil swabnya menunjukkan negatif. Untuk itu, Dinkes Provinsi Bengkulu akan memastikan pihak RS ataupun tim kesehatan untuk lakukan pengecekan kondisi klinis pasien, kemudian dipantau perkembangannya agar bisa dilakukan Swab kembali,” sampai Herwan.

“Kalau kondisi klinisnya sehat tidak ada keluhan gangguan kesehatan, kemudian dua kali berturut Swabnya Negatif, maka orang itu sembuh dan bersih dari virus Covid-19,” tambahnya.

Lanjutnya, tim Kesehatan juga terus melakukan penelusuran dengan melakukan Rapid Test kepada tenaga kesehatan, sejumlah pegawai pemerintahan, dan juga wartawan.

Rapid Test yang dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah hari ini. berjumlah 114 dan ada 4 yang hasilnya menunjukkan reaktif.

“Dua laki-laki dan dua perempuan, semuanya tidak ada gejala. Tentunya, sesuai protokol penanganan Covid-19, yang reaktif ini dilakukan isolasi dan dipantau perkembangannya,” katanya.

Sementara perkembangan data dan informasi Covid-19 Provinsi Bengkulu, sebanyak 90 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 7 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Rincian dari 40 kasus konfirmasi positif Covid-19, sebanyak 38 dalam masa perawatan, 1 meninggal dan 1 dinyatakan sembuh.(rls/red)