Logo

Jembatan Fort Marlborough Karya TNI AL Diresmikan

bengkulunews.co.id – Jembatan Fort Marlborough Lanal Bengkulu dan CSR & SMEP Pertamina (persero) hasil renovasi diresmikan Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti.

Jembatan hasil karya bakti TNI AL ini mendapatkan apresiasi tersendiri bagi gubernur. Baginya Lanal Bengkulu punya kreasi dan proaktif dalam melihat peluang yang bisa dikerjakan dan memiliki manfaat bagi masyarakat.

Tak hanya itu, Lanal juga telah mempromosikan cagar budaya ke dunia laur. Wajar jika gubernur mengatakan, jika ada 10 Lanal seperti ini, maka permasalahan sektor pariwisata di Bengkulu akan selesai.

“Terima kasih Lanal Bengkulu yang telah merenovasi Jembatan Benteng Marlborough, terima kasih juga kepada masyarakat Enggano yang bersedia kayu hasil Enggano ditempatkan di Benteng Malrborough,” kata Gubernur.

Sementara itu, Danlanal Bengkulu Letkol (P) Gadafi menceritakan, mendapatkan kayu untuk merenovasi Jembatan Benteng Marlborough dari Pulau Enggano melalui proses panjang. Karena kayu pulau terluar di Provinsi Bengkulu ini tidak boleh dibawa keluar Enggano.

Namun setelah memohon izin kepada masyarakat, tokoh adat dan tokog masyarakat Enggano untuk renovasi Jembatan Benteng Marlboroug, akhirnya diizinkan. “Semoga karya bakti TNI AL bisa memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat Bengkulu dan Indonesia,” ujar Danlanal.

Adapun Ketua Panitia Renovasi Jembatan Benteng Marlborough menjelaskan, Lanal punya dua operasi dalam menjaga dan meningkatkan pertahanan dan ketahanan masyarakat NKRI. Ada operasi perang, juga ada operasi non perang.

Renovasi Jembatan Benteng Marlborough yang dilakukan selama 30 hari, dari 20 Maret hingga 20 April 2016 ini merupakan salah satu bentuk operasi non perang TNI AL.

“Dengan tujuan memberikan gambaran karya bakti TNI dan agar terpeliharanya kemanunggalan prajurit TNI AL dan masyarakat dan karya bakti TNI AL bisa di rasakan masyarakat,” pungkasnya. (126)