Bengkulu #KitoNian

Ini Alasan Pentingnya Penggunaan Masker dan Jaga Jarak Saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi Masker

JAKARTA – Polri terus mengimbau masyarakat Indonesia untuk selalu memakai masker. Pemakaian masker menjadi wujud disiplin nasional selama pandemi covid-19.

Selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun kita berada menjadi faktor penting dalam mencegah penyebaran serta penularan Covid-19.

Seperti yang kita ketahui, saat ini virus Corona tengah merebak di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di negara Indonesia. Penyebaran virus Corona sangat mudah, salah satunya melalui droplet yang tercipta dari batuk maupun bersin dari orang yang terinfeksi kemudia terhirup orang yang sehat.

Penggunaan masker dirasa cukup membantu mencegah penyebaran virus Corona maupun virus-virus yang lainnya.

Kurva penyebaran Covid-19 belumlah turun atau melandai. Oleh karena itu, Yuuk bahu membahu berjuang bersama dalam memerangi Covid-19 dengan tetap disiplin protokol kesehatan yaitu memakai masker dan menjaga jarak.

Ilustrasi jaga jarak

Pentingnya Menjaga Jarak Dimasa Pandemi Covid-19

Menjaga jarak atau physical distancing masih menjadi salah satu protokol kunci dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Hal tersebut adalah satu poin dari kampanye 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas).

Kelima hal tersebut, termasuk menjaga jarak adalah hal yang bisa masyarakat lakukan saat kepastian kehadiran vaksin Covid-19 belum jelas.

Untuk menghentikan penyebaran virus corona yang terjadi saat ini, masyarakat telah diinstruksikan untuk melakukan physical distancing atau menjaga jarak antar manusia dengan cara tinggal di rumah, menghindari keramaian, dan menahan diri untuk tidak melakukan kontak langsung dengan orang lain.

Saat menerapkan physical distancing, kita tidak diperkenankan untuk berjabat tangan. Kita juga harus menjaga jarak, setidaknya 1 meter jika harus berinteraksi dengan orang lain. Meskipun hidup dengan physical distancing dan tinggal di dalam rumah saja dalam waktu yang lama bisa menimbulkan ketidaknyamanan, namun hal tersebut penting dilakukan untuk kebaikan yang lebih besar.

Dalam masa pandemi ini, masyarakat perlu diingatkan kembali pentingnya menjaga jarak dengan orang lain. Ada beberapa hal yang menjadi alasan untuk diperhatikan.

1. Menghindari risiko terkena droplet
2. Membantu tenaga medis yang sedang berjuang
3. Melindungi anggota keluarga dirumah
4. Memutuskan rantai penularan.

Sumber : BNPB

Baca Juga
Tinggalkan komen