Logo

Gempa Bengkulu Magnitudo 6,5 Disebabkan Aktivitas Lempeng Indo-Australia di Zona Megathrust

BMKG Bengkulu

BMKG Bengkulu

BENGKULU – Bengkulu diguncang gempa dengan update magnitudo 6,3, Selasa (23/08/2022). Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,22° LS ; 102,95° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 Km arah Selatan Kota Manna, Bengkulu pada kedalaman 52 km.

BMKG merilis jenis dan mekanisme gempa dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kaur dengan skala intensitas V MMI, daerah Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Enggano dengan skala intensitas IV MMI, daerah Kota Bengkulu, Muko-muko, Argamakmur, Manna, Putri Hijau, Musi Rawas hingga Palembang, Lampung, Sumbar dan Kerinci.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat juga diminta untuk menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Baca Juga : Gempa Bumi Magnitudo 6,5 Guncang Bengkulu, BMKG Peringatkan Hati-hati Gempa Susulan