Logo
Dempo Xler

Data Kondisi Jalan Nasional Di Provinsi Bengkulu Tidak Valid

Gubernur Ridwan Mukti saat rakor pemetaan jalan

Gubernur Ridwan Mukti saat rakor pemetaan jalan

Gubernur Ridwan Mukti saat rakor pemetaan jalan

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti mengatakan, jalan nasional di Provinsi Bengkulu sepanjang 792,61 Km dan baru sekitar 20 persen (154 Km) yang memenuhi standar, selebihnya dalam kondisi rusak.

Hal tersebut, menurut Gubernur Ridwan, karena informasi yang tidak valid mengenai kondisi jalan nasional yang ada di Provinsi Bengkulu, itu di ketahuinya, saat rapat dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( Menteri PUPR) beberapa waktu yang lalu .

“Pantas jalan nasional di Provinsi Bengkulu tidak pernah ada yang baik. Kita terkejut, karena tercatat diperencanaan kementerian PUPR, jalan Nasional di Provinsi Bengkulu sebanyak 95 persen dalam kondisi baik. Ini artinya, tidak sesuai fakta dilapangan yang sedang kita hadapi,” tutur Gubernur Ridwan, di Bengkulu, (11/4/2017).

Hingga kini, ungkapnya, masih tercatat di Kementerian PUPR. Hal itu menjadi salah satu penghambat perbaikan jalan nasional yang ada di Provinsi Bengkulu saat ini.

Oleh karena itu, Gubernur Ridwan meminta kepada pihak Dinas PUPR Provinsi Bengkulu untuk melakukan validasi data dilapangan guna memetakan kondisi riil jalan yang ada.

Hasil dari pemetaan dan peninjauan dilapangan menjadi bahan pengajuan koreksi ke Kementerian PUPR, dengan kekuatan Surat Keputusan resmi dari Gubernur Bengkulu.

“Untuk mengubahnya, tidak bisa dengan cara ngobrol-ngobrol kepala dinas dengan Kementerian PUPR ataupun dengan pengajuan, tapi perlu adanya sebuah keputusan resmi dari gubernur tentang kondisi dan status jalan yang ada di Provinsi Bengkulu ini,” kata pria yang pernah menjadi angota DPR RI ini.

Baca juga : Pertegas Status Jalan, Dinas PUPR Provinsi Lakukan Pemetaan