Logo

Ciptakan Tenaga Konstruksi Handal, Kemen PUPR Serahkan MTU

bengkulunews.co.id – Dalam kurun 2015-2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) targetkan 750 000 tenaga konstruksi handal dan bersertifikat. Tenaga tersebut dipersiapkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Untuk percepat sertifikasi tenaga konstruksi itu, Dirjend Bina Konstruksi Kementerian PUPR, Yusid Toyib mengatakan salah satunya dengan menyediakan MTU (Mobile Training Unit) atau Kendaraan Pelatihan Keliling. Hal itu disampaikannya saat serahkan MTU kepada Pemprov Bengkulu pada Senin (4/4).

“Kementerian PUPR juga bekerjasama dengan SMK, Politeknik, dan Universitas guna penyelarasan SDM dengan kebutuhan industri,” terang Yusid saat di Bengkulu.

Pihaknya mengharap agar MTU bisa dimanfaatkan oleh Pemprov Bengkulu guna menunjang kebutuhan pembangunannya.

Gubernur Ridwan Mukti yang menerima secara simbolik, siang itu mengatakan dengan tercipta tenaga handal dan bersertifikat, maka akan membatu percepatan pembangunan infrastruktur. Pasalnya saat ini Bengkulu tengah persiapkan percepatan pembangunan.

“Bantuan ini menjadi pemicu menciptakan tenaga konstruksi handal. Maka pemprov berkomitmen bakal menambah minimal dua unit lagi, dari anggaran daerah,” tanggap Gubernur Bengkulu baru itu.(122)