Bengkulu News #KitoNian

Cara Hadapi Suhu Panas, Tubuh Tetap Sehat

Apakah akhir-akhir ini anda merasakan suhu panas, hingga menembus kulit? Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) suhu di Indonesia mencapai 36 hingga 37 derajat celcius di beberapa wilayah.

Dilansir dari cnnindonesia.com BMKG memperkirakan ada lima penyebab terjadinya suhu panas di Indonesia. Pertama, adanya dinamika atmosfer yang tidak biasa terjadi di hampir seluruh wilayah Asia termasuk Indonesia.

Kedua, adanya gerakan semu matahari yang membuat panas melonjak dari sebelumnya. Ketiga, adanya tren pemanasan global dan perubahan iklim yang tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga negara lain.

Keempat, karena Indonesia akan memasuki musim kemarau yang akan terjadi sekitar bulan April hingga September 2023.

Kelima, adanya intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca xerah dan kurangnya tutupan awan.

Oleh karena itu ada beberapa hal yang barus dilakukan masyarakat agar tubuh tetap sehat dan wajah tidak kusam akibat sinar UV.

1. Minum air putih yang cukup

Ketika cuaca panas ada baiknya mengkonsumsi air putih yang cukup, agar tubuh tidak dehidrasi. Usahakan meminum air putih sebanyak dua hingga tiga liter perharinya, akam membantu tubuh terhidrasi.

2. Menggunakan Sunscreen

Tingginya suhu panas dapat membuat tubuh terpapar oleh sinar jahat UV, sehingga menyebabkan kulit terbakar dan penuaan dini. Oleh karena itu gunakanlah sunscreen baik pada wakah dan tubuh, sebelum beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan. Gunakan Sunscreen dengan SPF minimal 30, oleskan 15 menit sebelum melakukan aktivitas dan ulangi setiap dua jam sekali.

3. Hindari terpapar matahari berjam-jam

Hindarilah melakukan aktivitas di luar ruangan, ketika matahari sedang terik-teriknya. Jika mendesak usahakan menggunakan baju panjang atau membawa payung agar tubuh tidak terkena langsung sinar matahari. Matahari akan semakin terik mulai pukul 10 pagi hingga dua siang.

4. Mengkonsumsi makanan ringan lebih sering

Ketika cuaca panas kerap kali nafsu makan menjadi menurun, untuk itu cobalah mengkonsumsi cemilan yang dapat membuat tubuh tetap berenergi. Cukup mengkonsumsi makanan kaya protein seperti yoghurt, hazelnut, roti, susu maupun snack lainnya. Pastikan mengkonsumsi lebih sering makanan ringan agar tubuh tetap kuat sepanjang hari, konsumsi juga vitamin c dan lainnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen