Bengkulu #KitoNian

Bulog Minta Masyarakat Bijak Berbelanja, Stok Beras Aman hingga Ramadhan

PERUM BULOG WILAYAH BENGKULU

BENGKULU – Perum Bulog Wilayah Bengkulu menyebut bahwa stok beras di Kota Bengkulu masih mencukupi hingga bulan Ramadhan 2024 nanti. Kamis (22/02/2024)

Hal tersebut diungkapkan oleh Dody Syahrial, Pemimpin Perum Bulog Wilayah Bengkulu. Ia mengatakan, saat ini stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di Bengkulu sebanyak 2.781 ton dan stok beras premium sebanyak 9 ton.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk berbelanja sesuai kebutuhan, sejalan dengan program belanja bijak.

“Kita tidak perlu panic buying karena ketersediaan stok beras masih 17.400 ton lebih. Kami akan mendistribusikan secara merata sehingga warga mendapatkan bahan pangan seperti beras dengan harga yang terjangkau,” kata Dody

Tambah Dody, untuk sejumlah harga beras di pasaran memang masih terpantau naik. Per tanggal 20 Februari 2024, beras lokal medium masih di harga Rp15.000/kg, beras premium di harga Rp16.500/kg, dan untuk beras medium yang termurah di harga Rp13.100/kg.

Ia menyebut harga beras masih tinggi karena efek El Nino beberapa waktu lalu yang mempengaruhi hasil panen.

“Karena efek El Nino yang masih berekor hingga awal tahun dan masih dirasakan para petani, mungkin di akhir Maret atau awal April nanti petani sudah mulai panen,” tambahnya.

Lanjut Dody, untuk mengintervensi dan menjaga kestabilan harga beras di pasaran, Bulog Wilayah Bengkulu berencana melakukan operasi pasar secara berkala. Terlebih ketika memasuki bulan Ramdhan 2024. Untuk di Kota Bengkulu sendiri, operasi pasar akan dilakukan di Pasar Panorama dan Pasar Minggu.

“Sepanjang tahun 2023 kemaren kita menggelontorkan 20.000 ton untuk menstabilkan harga beras di Provinsi Bengkulu dalam satu tahun. Dan tahun ini kita akan mengintervensi lagi untuk menstabilkan harga,” tutupnya

Baca Juga
Tinggalkan komen