Logo
Dempo Xler

Basarnas Bengkulu Gelar Latihan Peningkatan Profesionalisme dan Kompetensi Tim

Basarnas Bengkulu Gelar Latihan Peningkatan Profesionalisme dan Kompetensi Tim

BENGKULU – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar upacara untuk pembukaan Latihan Beregu Pencarian dan Pertolongan dalam meningkatkan profesionalisme dan kompetensi TIM Rescure pelaksanaan operasi SAR di ketinggian.

Kepala Kantor SAR Bengkulu, M. Arafah S.H mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menguji prosedur pencarian dan pertolongan, kesiapsiagaan petugas rescure serta kemampuan operasional sarana prasarana.

“Untuk menguji prosedur pencarian dan pertolongan. Menguji dan membina kesiapsiagaan petugas rescure , serta mengetahui kemampuan operasional sarana dan prasarana pencarian dan pertolongan,” kata Arafah pada Bengkulunews.co.id, Kamis (25/05/23) siang.

Ia juga menegaskan bahwa Latihan beregu pencarian dan pertolongan sangatlah penting bagi petugas rescure, karena kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menjalankan operasi di ketinggian.

Adapun kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai dari 25 hingga 27 Mei 2023. Sebanyak 15 peserta mengikuti kegiatan ini dan dua orang pemateri yang berasal dari internal kantor Basarnas Bengkulu. Dua pemateri berasal dari Observer kantor pusat.

Kegiatan ini meliputi Materi kelas berupa Supervisi Latsar, Ascender dan Desencer, Obstacle, Management Tandu dan Sitem serta Packing Patient. Setelah itu akan dilanjutkan dengan Praktek lapangan hingga kegiatan simulasi tentang pertolongan di ketinggian.

“Saya sangat bangga kepada tim rescure yang mempunyai semangat untuk meningkatkan kemampuannya. Dan mempunyai komitmen yang kuat untuk mengikuti kegiatan ini,” demikian Arafah.