Logo

Apa Itu Retinol? Dan Bagaimana Cara Penggunaannya?

BENGKULU – Retinol merupakan sejenis retinoid yakni kelas obat yang kandungannya berasal dari Vitamin A atau Vitamin A1. Biasanya retinol digunakan untuk mengobati beberapa masalah pada kulit dan juga membantu mengatasi jerawat.

Pada dasarnya Retinoid adalah bahan aktif umum yang terkandung dalam obat-obatan dermatologis dan kosmetik dan tersedia dalam berbagai bentuk seperti krim, gel, serum maupun oral.

Retinol memiliki banyak manfaat, karena dari itu produk kecantikan saat ini selalu menyelipkan bahan tersebut. Selain menghilangkan jerawat, rupanya Retinol dapat membantu meregenerasi kulit.

Namun bagi Anda pengguna baru Retinol, tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya. Terlebih jika kulit Anda sensitive, berikut tata cara pengaplikasian retinol yang baik dan benar :

1. Pilih Retinol Berdasarkan Kondisi Kulit
Retinol tentu memiliki jenis dan kandungan yang berbeda, jika Anda tepat dalam memilih retinol maka dapat meminimalisasi efek sampingnya. Jika kulit Anda sensitive, pilihlah retinol yang mengandung retinyl palmitate. Yang merupakan senyawa kombinasi antara retinol dengan asam palmitate. Sedangkan, untuk kulit berjerawat serta berminyak dapat menggunakan retinol yang mengandung adapalene. Untuk jenis kulit normal, bisa menggunakan komponen murni retinol dengan takaran 2 persen saja.

2. Gunakan Secara Bertahap
Bagi Anda pengguna baru retinol, wajib untuk mengaplikasikannya secara bertahap dan jangan terlalu banyak. Anda dapat memakainya hanya setetes sampai dua tetes saja, lalu aplikasikan pada kulit sekali dalam seminggu. Tingkatkan pemakaian menjadi dua kali dalam seminggu, lakukan secara terus menerus hingga Anda dapat menggunakannya setiap malam.

3. Jangan Gunakan Skincare Keras Bersamaan
Jika Anda sedang menggunakan retinol, pastikan tidak ada jenis skincare berbahan keras yang ada diwajah. Seperti penggunaan jerawat yang sifatnya asam, karena dapat beresiko membuat kulit wajah iritasi dan terbakar.

4. Gunakan SunScreen
Jika Anda sudah menggunakan retinol pada malam hari, jangan lupa gunakan Sunscreen atau tabir surya minimal SPF 30 pada pagi hari. Karena pemakaian retinol, membuat kulit menjadi sensitife terhadap sinar matahari.

Retinol sebaiknya digunakan secara tepat dan teratur untuk hasil yang lebih maksimal, jangan gunakan secara berlebih atau sembarangan agar tidak merusak kulit wajah. Jika terjadi iritasi, segera kunjungi dokter spesialis terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Pastikan produk yang Anda pakai sudah BPOM dan teruji keasliannya. Semoga membantu.