Logo

Antisipasi PMK, Ternak Sapi dari Luar Daerah Diimbau Tak Masuk ke Kota Bengkulu

Antisipasi PMK, Ternak Sapi dari Luar Daerah Diimbau Tak Masuk ke Kota Bengkulu

BENGKULU – Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak sapi kembali menular pada hewan ternak di Kota Bengkulu.

Berdasarkan data Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dispangtan) Kota Bengkulu, jumlah hewan ternak sapi yang tertular PMK sebanyak 122 ekor.

Dari 122 ekor tersebut, sebanyak 99 ekor sapi dinyatakan sembuh, dan dua ekor sapi mati. Sementara 21 ekor lagi penularan baru penyakit PMK dan saat ini dalam proses pengobatan.

“Sekarang yang masih tersisa itu tinggal 21 ekor. Itu penularan baru. Kini masih tahap pengobatan. Dari 122 itu, sudah sembuh 99, 2 ekor mati. Jadi 21 lagi ini penularan baru, masih dalam pengobatan,” jelas Hauliantua Pohan, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispangtan Kota Bengkulu, Rabu (28/09).

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Bengkulu menghimbau agar peternak dari luar daerah tidak memasuki dahulu hewan ternak sapi ke Kota Bengkulu untuk mengantisipasi penularan PMK.

Selain itu, peternak juga diminta selalu menjaga kesehatan sapi dengan memberikan makanan yang sehat dan selalu memberikan kandang ternak.

“Mari kita selalu waspada dengan penyakit PMK ini. Untuk sementara jangan dulu memasukan hewan ternak sapi dari luar daerah. Jika tertular jangan panik, hubungi petugas kita agar segera diberikan pengobatan,” tutupnya.