Logo

Angka Kemiskinan di Provinsi Bengkulu Menurun 0,48 Persen

Angka Kemiskinan di Provinsi Bengkulu Menurun 0,48 Persen

BENGKULU – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu merilis data angka kemiskinan di Bengkulu periode Maret 2024. Saat ini angka kemiskinan di Bengkulu menurun 0,48 persen dibanding bulan Maret 2023 lalu menjadi 13,56 persen.

“Iya ini memang terjadi penurunan, ya dibanding kondisi Maret 2023, yang pada saat itu masih diatas 14 persen, artinya ini gambaran yang cukup bagus, karena apa, ternyata itu juga di ikuti dengan penurunan tingkat kedalam kemiskinan kita sebesar 0,028 tadi, baik secara P1 nya kedalam maupun keparahannya,” kata Win Rizal Kepala BPS Provinsi Bengkulu

Meski menurun, angka penduduk miskin ini masih cukup tinggi. Dari data BPS saat ini, jumlah penduduk miskin di Bengkulu mencapai 281,36 ribu orang, sejajar antara desa dengan perkotaan.

Bengkulu juga berada pada peringkat kedua provinsi dengan angka kemiskinan tertinggi di sumatera dan juga lebih tinggi dari nasional yang hanya 9,03 persen.

Komoditas makanan masih menjadi penyumbang terbesar kemiskinan di Bengkulu sebesar 73,46, sedangkan komoditas bukan makanan menyumbang 26,54 persen.

“Jadi kalau makanan itu ukurannya itu adalah kecukupan 2.100 kalori, artinya kalau rumah tangga, untuk konsumsi misalkan telur, nasi, lauk pauk, itu kalau untuk mencapai 2.100 kalori berapa pengeluaran yang harus dibutuhkan, itu minimal,” ujar Win.

Langkah mengurangi angka kemiskinan di Bengkulu, kata Win terus dilakukan salah satunya dengan mengeluarkan bantuan sosial serta berkurangnya tingkat pengangguran di Bengkulu.