Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Angka Kemiskinan di Kota Bengkulu Mengalami Penurunan

Photo milik Indah/NB

BENGKULU – Pemerintah kota Bengkulu melakukan berbagai kebijakan dan upaya dalam penurunan angka kemiskinan, berkat kerjasama dan kerja keras dari semua pihak angka kemiskinan semakin menurun setiap tahunnya.

Hal ini disampaikan wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi pada Rapat Kerja Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan kota Bengkulu 2023 di Ruang Hidayah 2 Sekretaris Daerah Kota Bengkulu, Selasa (19/09/2023).

Wakil walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menyampaikan persentase kemiskinan di Kota Bengkulu menurun hingga 15%, yang sebelumnya persentase kemiskinan di Kota Bengkulu mencapai 18%. Indikator lainnya,IPM (Indeks Pembangunan Manusia) Kota Bengkulu masuk dalam kategori IPM sangat tinggi yakni di angka 80,99 melebih target yang telah ditetapkan.

β€œAlhamdullilah program-program Kota Bengkulu seperti BPJS gratis,HD Bersalin, jamkesmas (UHC), pelayanan kesehatan khusus dan semua program serba gratis ini tren kemiskinan juga menurun,dalam artian kota kita ini sudah sangat maju,” ungkap Dedy.

Ia juga menjelaskan bahwa rapat Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Bengkulu Tahun 2023 mencakup pembahasan mengenai pemetaan daerah kantong kemiskinan dan sinergi program pemerintah untuk mengatasi kemiskinan.

“Saat ini Pemerintah Kota Bengkulu fokus terhadap tiga hal dalam upaya penanganan kemiskinan, yaitu fokus mengurangi beban masyarakat, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta fokus ke kantong kemiskinan,” jelas Dedy

Pemerintah Kota Bengkulu akan terus berupaya meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan pendidikan dan menjalankan program pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk mengatasi kemiskinan.

Baca Juga
Tinggalkan komen