Rumah Sakit Pendidikan UNIB Dibangun, Prasasti Pendirian Ditandatangani

Groundbreaking RS Pendidikan UNIB

BENGKULU – Rumah Sakit (RS) Pendidikan Universitas Bengkulu (UNIB) resmi dimulai. Ini ditandai dengan penandatanganan Prasasti dan Peluncuran Proyek (Groundbreaking), di Kampus IV UNIB, Selasa (15/03).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah berharap, kawasan menjadi salah satu pusat pelayanan kesehatan sekaligus pengembangan pendidikan tinggi yang berkualitas.

“Hari ini menjadi titik awal bahwa cita-cita besar itu akan dimulai kita wujudkan secara bersama-sama,” imbuhnya.

Pendirian rumah sakit ini telah digagas oleh Rohidin sejak empat tahun lalu. Rumah sakit ini dibangun dengan anggaran dari APBD Provinsi Bengkulu, Bappenas RI dan Saudi Found for Development (SFD), dengan total 64,9 juta US Dollar.

Rincian 85,5 persen dari SDF dan dana pendamping dari anggaran pemerintah sebesar 14,5 persen. Sehingga total anggaran secara keseluruhan meliputi dana operasional mencapai 127,9 juta US Dollar.

Rektor UNIB Prof. Retno Agustina Ekaputri, dengan luas areal sekitar lebih dari 1 hektar, ditargetkan pembangunan RS Pendidikan selesai pada akhir tahun 2023 mendatang.

“Jadi ada 3 dan 6 lantai. Di tahun 2024 diharapkan bisa difungsikan sebagai rumah sakit pendidikan dan juga sebagai pusat layanan kesehatan bagi masyarakat luas,” ungkapnya. (Adv)

Baca Juga
Tinggalkan komen