Bengkulu News #KitoNian

Provinsi Bengkulu Siap Laksanakan Pilkada Serentak di Masa Pandemi Covid-19

Bengkulu – Pemerintah Provinsi Bengkulu menyatakan siap melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember nanti

Kesiapan itu, ditegaskan Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri pada saat rapat pembahasan tindak lanjut tahapan Pilkada 2020 melalui Virtual Meeting bersama Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, KPU dan Bawaslu Selasa (2/6/20).

“Provinsi Bengkulu siap dan seluruhnya akan kami siapkan. Disamping ada dana hibah untuk KPU dan Bawaslu, kami juga telah mempersiapkan hibah untuk biaya pengamanan. Ini akan kami tindak lanjuti dalam waktu dekat,” pungkas Hamka.

Hamka menjelaskan Pemda Provinsi Bengkulu tidak melakukan refocusing dan realokasi untuk anggaran Pilkada. Dia mengatakan dana Pilkada yang telah dianggarkan sebelumnya tetap utuh di dalam APBD dan di alokasikan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Sesuai dengan petunjuk, Bawaslu dan KPU, kami telah merealisasikan lebih kurang 40 persen di tahun 2020 ini,” ungkapnya.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan bahwa tahapan Pilkada akan dilanjutkan 15 Juni. Keputusan didapati setelah Mendagri, KPU dan Komisi 2 DPR RI menggelar rapat bersama kelanjutan Pilkada serentak, 27 Mei kemarin.

Semula pemungutan suara Pilkada akan digelar pada 23 September 2029. Namun, akibat pandemi global Covid-19, tahapan Pilkada akhirnya ditunda.

Pilkada 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 Provinsi, 224 Kabupaten, dan 37 Kota.(red)

Baca Juga
Tinggalkan komen