Logo

Pemprov Bengkulu Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 dengan tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas tahun 2045’, di Halaman Kantor Gubernur Bengkulu, Sabtu (1/6).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Isnan Fajri yang juga diikuti oleh pasukan TNI dan Polri serta dihadiri unsur Forkopimda provinsi serta pejabat dan Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Dalam keterangannya, Sekda Isnan Fajri mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara Indonesia sangatlah luar biasa dan hal itu sudah terbukti.

Selain pondasi negara Indonesia, sampai Sekda Isnan, Pancasila juga sebagai perekat dan pemersatu bangsa serta sebagai panduan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

“Sudah terbukti, dengan berbagai macam ujian dan gelombang sejarah maupun kondisi sosial kita, namun negara yang kita cintai ini masih tetap utuh dan masih dengan jati diri dan jiwa pancasilais. Hal itu berkat landasan ideologi Pancasila yang sudah tertanam dalam jiwa masyarakat dan bangsa Indonesia,” tegas Sekda Isnan, usai upacara.

Sebagai anak bangsa dan juga sebagai pejabat aparatur negara, Sekda Isnan berharap, dengan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat meningkatkan semangat dalam membangun negeri tercinta ini khususnya Provinsi Bengkulu.

“Dengan adanya semangat Pancasila yang selalu kita perbaharui dan kita peringati ini, dapat meningkatkan rasa kerukunan dan menjadi modal dalam kita melakukan pembangunan di Provinsi Bengkulu,” tuturnya.

“Kalau masyarakatnya tentram, kompak bersatu dan gotong royong sesuai dengan semangat dan jiwa dan nilai Pancasila, InsyaAllah Bengkulu Maju, Sejahtera dan Hebat, bisa kita capai,” demikian tegas Sekda Isnan Fajri. [Saipul, Ica & Refky]