Bengkulu News #KitoNian

Mengatasi Batuk dan Pilek Pada Anak dengan Bahan Alami di Rumah

Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek merupakan kondisi yang sering dialami oleh anak-anak, terutama saat musim peralihan atau saat cuaca sedang tidak menentu. Meskipun umumnya tidak berbahaya, batuk dan pilek dapat membuat anak merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak orang tua yang mencari cara alami untuk meredakan batuk dan pilek pada anak. Anda juga bisa live chat dokter secara online malalui KlikDokter untuk berkonsultasi dengan ahlinya.

Berikut ini adalah cara alami mengatasi batuk pilek pada anak:

  • Madu

Madu telah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang efektif untuk meredakan batuk pada anak.

Madu memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang membantu melawan infeksi di saluran pernapasan, sehingga dapat membantu meredakan batuk yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Untuk mengatasi batuk pada anak, Anda dapat mencampurkan satu sendok teh madu murni ke dalam segelas air hangat atau teh herbal yang tidak terlalu panas. Selain meredakan batuk, madu juga dapat membantu meredakan tenggorokan yang kering dan teriritasi.

Rasa manisnya dapat memberikan efek menenangkan pada tenggorokan yang sakit akibat batuk yang terus-menerus. Madu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, kalsium, magnesium, dan zat besi, yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  • Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan ekspektoran alami yang sangat bermanfaat dalam mengatasi batuk dan pilek pada anak.

Kandungan senyawa aktif dalam jahe, seperti gingerol dan zingerone, membantu mengurangi peradangan di saluran pernapasan, sehingga meredakan gejala batuk yang disebabkan oleh peradangan.

Selain itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, sehingga tubuhnya lebih mampu melawan infeksi yang menyebabkan batuk dan pilek.

Untuk mengatasi batuk dan pilek pada anak dengan jahe, Anda dapat membuat teh jahe yang sederhana namun efektif. Caranya adalah dengan merebus beberapa potong jahe segar dalam air selama beberapa menit hingga airnya berubah warna menjadi kecokelatan.

Setelah itu, tambahkan sedikit madu untuk memberikan rasa manis alami dan air lemon untuk memberikan sedikit rasa asam yang menyegarkan.

  • Bawang Putih

Senyawa allicin yang terkandung dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus, sehingga dapat membantu melawan infeksi dan mengurangi gejala batuk.

Anda bisa mencampurkan bawang putih cincang ke dalam makanan anak atau membuat jus bawang putih dengan tambahan madu untuk mengurangi rasa pedasnya. Jus bawang putih ini dapat menjadi obat batuk alami yang efektif dan memberikan manfaat kesehatan yang baik.

Selain itu, penggunaan bawang putih secara eksternal juga bisa membantu meredakan batuk dan pilek pada anak. Anda dapat menghaluskan bawang putih dan mencampurnya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa untuk membuat ramuan bawang putih yang dioleskan pada dada anak.

  • Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Selain itu, lemon juga memiliki sifat ekspektoran yang membantu melonggarkan lendir dan mengurangi batuk.

Berikan air lemon hangat yang dicampur dengan madu kepada anak untuk membantu meredakan batuknya.

  • Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan serta memiliki sifat ekspektoran yang membantu membuka saluran pernapasan.

Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam air hangat dan letakkan dalam mangkuk di dekat tempat tidur anak sebelum tidur. Aroma minyak kayu putih akan membantu anak bernapas lebih lega dan tidur lebih nyenyak.

  • Teh Herbal

Berbagai jenis teh herbal seperti teh chamomile, teh peppermint, dan teh sage memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu anak merasa lebih nyaman saat batuk dan pilek.

Teh herbal juga memiliki khasiat antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan di saluran pernapasan, sehingga anak dapat bernapas lebih lega.

Jika anak menolak atau tidak menyukai rasa teh herbal, Anda bisa mencampurkannya dengan madu atau sedikit air lemon untuk memberikan sedikit rasa manis dan menyegarkan.

  • Buah-buahan Segar

Buah-buahan seperti jeruk, stroberi, kiwi, atau mangga kaya akan vitamin C, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.

Vitamin C juga memiliki efek antiinflamasi yang membantu meredakan peradangan di saluran pernapasan anak yang sedang mengalami batuk dan pilek.

Anda bisa memberikan buah-buahan segar sebagai camilan sehat bagi anak setiap hari atau sebagai bagian dari makanan utama mereka.

Sajikan buah-buahan dengan cara yang menarik dan menggugah selera anak, misalnya dengan menyusunnya dalam bentuk es krim buah, salad buah, atau smoothie.

  • Mandi Air Hangat

Mandi air hangat adalah salah satu cara alami yang efektif untuk membantu mengatasi batuk dan pilek pada anak. Saat anak mengalami batuk dan pilek, saluran pernapasannya cenderung menjadi kering dan teriritasi.

Mandi air hangat membantu melembapkan saluran pernapasan, sehingga anak dapat bernapas lebih lega dan meredakan tenggorokan yang kering.

Selain itu, uap hangat juga memiliki efek menguntungkan bagi anak yang mengalami pilek dengan gejala hidung tersumbat. Saat anak menghirup uap hangat, lendir yang menyumbat hidung dapat lebih mudah dikeluarkan

  • Istirahat Cukup

Selain menggunakan bahan alami di atas, jangan lupa memberikan anak istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup membantu tubuh anak dalam mempercepat proses pemulihan dari batuk dan pilek.

  • Kompres Hangat

Kompres hangat adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu menurunkan demam pada anak yang mengalami batuk dan pilek. Celupkan kain ke dalam air hangat, peras sedikit kain untuk menghilangkan kelebihan air, lalu letakkan kain tersebut di dahi anak.

Biarkan kain tetap di dahi anak selama beberapa menit. Kompres hangat membantu memperlancar peredaran darah di daerah yang diterapkan. Hal ini dapat mengurangi panas yang disebabkan oleh demam, sehingga suhu tubuh anak dapat menurun secara alami.

Baca Juga
Tinggalkan komen