Berita bengkulu
Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Ketua Dewan Pers Pimpin Dewan Juri AMSI Awards 2023

JAKARTA – Media di Indonesia harus memiliki kedaulatan digital dan mengembangkan beragam pendapatan atau revenue agar tidak semata bergantung pada platform global yang saat ini mendominasi industri media digital. Media harus mengantisipasi dan tak henti melakukan inovasi teknologi sendiri, inovasi bisnis, dan tentu saja inovasi konten. Dalam suasana demam masuknya teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang juga telah merambah industri media, media harus makin didorong memiliki kedaulatan digital. Demikian benang merah dari Kickoff Meeting Penjurian AMSI Awards 2023, Selasa (18/7/2023) malam yang diselenggarakan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) secara daring.

“Saya berharap AMSI programnya bisa mendorong media kita punya kedaulatan teknologi, kedaulatan digital, inovasi revenue tiada henti agar jangan hanya bergantung pada platform global ,” kata Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu.

Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) melakukan kickoff penjurian AMSI Awards 2023 secara daring sebagai penanda dimulainya rangkaian penting pelaksanaan AMSI Awards 2023. Kickoff penjurian AMSI Awards 2023 dihadiri Ninik Rahayu (Ketua Dewan Pers), Yosep Adi Prasetyo (Ahli Hukum Pers & Mantan Ketua Dewan Pers), Eric Sasono (Chief of Party Internews Indonesia), dan Ignatius Haryanto (Peneliti Media Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang Banten. Satu juri lain dari praktisi kehumasan Febriati Nadira (Head of Corcomm PT Adaro Energy Tbk) berhalangan hadir. Dari pengurus dan Juri Internal AMSI, hadir Maryadi (Bendahara Umum), Suwarjono (Wakil Ketua AMSI), Adi Prasetya (Direktur Eksekutif AMSI), dan anggota tim teknis panitia AMSI Awards.

Pada kickoff penjurian perdana ini, para juri yang ditunjuk panitia dan pengurus AMSI sepakat memilih dan menetapkan ketua dewan pers, Ninik Rahayu sebagai ketua dewan juri AMSI Awards 2023.

Ninik Rahayu mengapresiasi langkah pemberian AMSI Awards sebagai motivasi bagi pengelola media agar makin berkualitas dan terus berinovasi. Dia katakan, saat ini tantangan media semakin berat karena perubahan teknologi digital yang kurang berpihak kepada media. Dicontohkannya, masuknya Open AI, media tidak akan lagi mendapat backlink.

Wakil Ketua AMSI, Suwarjono yang juga juri internal menceritakan proses seleksi awal AMSI Awards 2023. Menurut pemimpin redaksi suara.com itu, proses seleksi awal oleh juri internal mempertimbangkan banyak faktor dan tidak hanya menilai matriks, angka, dan data yang disajikan peserta saja. Para juri yang semuanya mentor dalam program Media Sustainability memperhatikan beberapa aspek seperti keterwakilan wilayah, latar belakang medianya, keberagaman segmen media, dan intensitas mengikuti program media sustainability yang menjadi program AMSI bersama Internews dan USAID Media dalam tiga tahun terakhir ini.

“Kami para juri internal selama ini melakukan mentoring, paham latar belakang dan kondisi media teman-teman. Kepada dewan juri eksternal, kami serahkan penilaian sepenuhnya. Harapannya tidak hanya menilai dari sisi metrik saja, tapi juga bisa lebih luas,” ujar Suwarjono
.
AMSI Awards 2023 akan memilih enam kategori media nasional terbaik dan enam kategori media lokal terbaik. Masing-masing adalah kategori media dengan inovasi & pertumbuhan konten terbaik, media dengan pertumbuhan bisnis terbaik, media dengan distribusi konten terbaik, media dengan inovasi teknologi terbaik, media dengan pengelolaan manajemen terbaik, dan media dengan pertumbuhan brand terbaik.

Para peserta dinilai dengan dua tahapan penjurian. Tahap seleksi awal, dilakukan oleh lima orang juri internal para pemimpin media dan mentor program media sustainability AMSI. Para juri internal itu adalah Wenseslaus Manggut (Chief Content Officer KLY), Amrie Hakim (Chief Media & Engagement Officer Hukum Online), Maryadi (Direktur Bisnis Katadata), Citra Dyah Prastuti (Pemred KBR), dan Suwarjono (CEO dan Pemred Suara).

“Tahap kedua inilah yang malam ini kita mulai kickoff-nya. Menghadirkan lima juri eksternal para pakar media, akademisi, dewan pers, kehumasan serta donor program media AMSI, yang kita harapkan legasi dan kepakarannya bisa menjadi hakim untuk memilih peraih AMSI Awards. Pada 2 Agustus nanti, kami akan mengundang kembali dewan juri untuk bersidang secara offline,” papar direktur eksekutif AMSI, Adi Prasetya saat membuka kickoff meeting.

Menurut Adi, AMSI Awards 2023 merupakan ajang kedua kali digelar AMSI. Kali ini diikuti 100 media pendaftar terdiri dari 75 media lokal dan 25 media nasional (Jakarta base). Namun, satu kategori media nasional yakni kategori media dengan pertumbuhan bisnis terbaik sudah dipastikan urung diadakan karena pendaftarnya hanya ada satu media.

“Peminatnya sebenarnya tidak cuma satu. Tapi teman-teman batal daftar karena rata-rata manajemennya keberatan kalau harus menyerahkan data laporan keuangan/pendapatan yang dinilai rahasia dapur,” ujar Adi menjawab pertanyaan juri Ignatius Haryanto.

Malam Anugerah AMSI Awards 2023 akan berlangsung di Bandung 23 Agustus 2023, sebagai puncak dan penutup acara Indonesia Digital Conference yang digelar pada 22 dan 23 Agustus mendatang. AMSI Awards 2023 mengambil tema “Media Siber Indonesia Tiada Henti Inovasi di Era Kecerdasan Buatan”.

Baca Juga
Tinggalkan komen