Kepala Kantor Wilayah Ditjen Imigrasi Bengkulu Tinjau Inovasi Layanan Pengaduan di Kantor Imigrasi Bengkulu

Alwin Feraro
Kepala Kantor Wilayah Ditjen Imigrasi Bengkulu Tinjau Inovasi Layanan Pengaduan di Kantor Imigrasi Bengkulu

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Imigrasi Bengkulu, Victor Manurung

BENGKULU — Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Imigrasi Bengkulu, Victor Manurung, melakukan kunjungan kerja ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu pada hari Kamis, 15 Mei 2025. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka pengecekan langsung terhadap implementasi inovasi layanan pengaduan masyarakat dan internal di lingkungan keimigrasian wilayah Bengkulu.

Dalam kunjungannya, Victor Manurung disambut langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu, Raden Imam Jati Prabowo, beserta jajaran pejabat struktural. Inovasi layanan pengaduan yang ditinjau berupa pemasangan QR Code pengaduan internal, QR Code pengaduan masyarakat, serta nomor WhatsApp pengaduan yang terintegrasi.

Media informasi tersebut disajikan dalam berbagai bentuk, seperti standing banner, spanduk, dan akrilik QR code, yang rencananya akan dipasang di seluruh unit kerja imigrasi, termasuk Kantor Wilayah, Kantor Imigrasi, Unit Kerja Keimigrasian (UKK) Ketahun, hingga booth layanan publik.

Selain melakukan pengecekan terhadap inovasi layanan pengaduan, Victor Manurung juga meninjau secara langsung proses pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu. Ia melihat bagaimana alur pelayanan berjalan serta berdialog dengan petugas untuk memastikan kualitas layanan kepada masyarakat tetap prima dan berorientasi pada prinsip pelayanan publik yang cepat, mudah, dan transparan.

Langkah ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Direktur Jenderal Imigrasi Nomor IMI-051.OT.02.02 Tahun 2025 tentang Pencegahan Korupsi, Pengendalian Gratifikasi, dan Penegakan Kode Etik Pegawai Imigrasi. Inovasi ini bertujuan untuk memperkuat transparansi, akuntabilitas, serta meningkatkan kepercayaan publik terhadap pelayanan keimigrasian.

Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh satuan kerja di lingkungan Kantor Wilayah Ditjen Imigrasi Bengkulu dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menjunjung tinggi integritas dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama!