Ini Cara Alami Hilangkan Ketombe

Penulis : Cindy

Alodokter

Rambut merupakan bagian tubuh yang tidak kalah pentingnya untuk dirawat, salah satu masalah rambut adalah ketombe.

Bagi Sebagian orang rambut yang berketombe, sangat membuat tidak nyaman. Ketombe sendiri merupakan kondisi umum saat kulit kepala mengelupas.

Adapaun tanda jika rambut mengalami ketombe dapat dilihat sebagai berikut :
1. Munculnya serpihan kulit kepala di rambut.
2. Kulit kepala terasa gatal.
3. Kulit kepala menjadi bersisik dan berkerak.

Namun anda bisa menghilangkan ketombe dengan beberapa cara alami, seperti :

1. Lidah Buaya
Lidah buaya sendiri mengandung anti jamur dan anti bakteri yang bisa membersihkan sel kulit mati dikulit kepala. caranya adalah dengan mengaplikasikan gel lidah buaya pada rambut dan kulit secara langsung.

2. Tea Tree Oil
Tea Tree Oil biasa digunakan oleh Sebagian orang untuk mengobati jerawat pada wajah, dengan kandungan anti inflamasi dan anti mikroba ketombe juga bisa dihilangkan. Caranya campurkan Tea Tree Oil dengan air terlebih dahulu, setelah itu aplikasikan pada kulit kepala. cara ini akan sangat cocok bagi pemiliki kulit sensitif.

3. Baking Soda
Selain digunakan untuk membuat makanan, Baking Soda juga bisa menghilangkan ketombe loh. Baking Soda mampu membersihkan kulit mati yang menumpuk tanpa memperparah iritasi pada kulit kepala, juga mengandung antijamur. Anti jamur inilah yang mengurangi rasa gatal dan kemerahan pada kulit kepala akibat ketombe. Caranya campurkan baking soda dengan sampo yang biasa dipakai, lalu aplikasikan pada rambut gosok bagian kulit kepala setelah itu bilas dengan air bersih.

4. Cuka
Bahan alami selanjutnya adalah Cuka, namun sangat direkomendasikan untuk memilih jenis NDTV Food untuk menghilangkan ketombe. Cuka sangat efektif membunuh bakteri penyebab ketombe, mengatasi kulit kepala yang kering dan mengurangi rasa gatal. Caranya campurkan cuka dan air dengan perbandingan yang sama terlebih dahulu, lalu aplikasikan pada rambut dan kulit kepala selama setengah jam. Kemudian cuci rambut menggunakan sampo dengan air bersih.

Baca Juga
Tinggalkan komen