Logo

Ingat! Sekolah Dasar Negeri di Kota Bengkulu Dilarang Pungut Uang Komite

Bengkulu – Walikota Bengkulu Helmi Hasan ingatkan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota itu tidak memungut uang komite kepada wali murid.

“Sedangkan untuk sekolah swasta atau Yayasan, hanya dibolehkan memungut uang komite sebesar 50 persen,” pungkas Helmi saat rapat dengan seluruh Kepala Sekolah Sekolah Dasar baik negeri maupun swasta secara virtual, Kamis (11/6/20).

Helmi mengatakan pendidikan adalah perkara yang sangat penting bagi suatu negeri. Menurutnya, suatu negeri yang mengedepankan pendidikan akan mendapatkan kejayaan dan kesuksesan.

“Pendidikan salah satu landasan syarat utama agar bangsa kita ke depan bisa lebih baik ke depannya. Pendidikan memegang peranan yang sangat penting. Karena SD ini adalah pendidikan dasar, ini ibarat pondasi. Kalau pondasi sudah bagus, bangunan bagus. Jadi pondasi memegang peranan yang sangat penting,” pungkas Helmi.

Sebelumnya, Walikota Bengkulu telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang penggratisan dan keringanan uang komite.

Selain SE tersebut, Helmi juga mengeluarkan SE tentang seragam sekolah. Dimana pemerintah tidak menganjurkan sekolah menjual baju atau mengharuskan siswa membeli baju seragam yang baru. Namun, pemerintah tidak melarang siswa membeli baju baru.

“Untuk yang tidak punya kemampuan beli baju baru tidak usah dibeli. Surat edaran itu tolong dipahami, bukan untuk menyusahkan sekolah. Ini sebagai bentuk partisipasi kita agar wali murid tidak terlalu mengalami kesulitan, kita kurangi beban masyarakat,” pungkasnya.

Sekolah bisa melakukan penggalangan dana buat membantu siswa yang kurang mampu membeli baju seragan

“Seragam siswa yang sudah tamat bisa diwakafkan kepada siswa yang belum mampu membeli seragam baru. Covid-19 ini momentum yang tepat untuk membantu siswa yang tidak mampu,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut, Helmi juga menjelaskan proses belajar masih dilakukan di rumah. Dia menegaskan bahwa kesehatan jauh lebih penting. Sebab itu materi pembelajaran masih dilakukan di rumah.

“Lebih baik sedia payung sebelum hujan daripada setelah hujan deras baru mau mencari payung,” tutur Helmi.(okd)