Logo

Indonesia Lolos ke Final Piala AFF 2020 usai Hajar Delapan Pemain Singapura

NUSANTARA – Timnas Indonesia sukses melangkahkan kaki ke final Piala AFF 2020 usai menekuk tuan rumah Singapura dengan agregat 5-3. Pada leg kedua semifinal di National Stadium Singapura, Tim Garuda menyemai kemenangan dengan skor telak 4-2.

Indonesia unggul lebih dulu melalui kaki Ezra Walian pada menit ke-11. Posisi Indonesia semakin diuntungkan dengan kartu merah yang diterima pemain Singapura, Safuwan Baharudin. Namun, Singapura justru membalas dengan gol yang dilayangkan oleh Song Ui-young pada menit ke-49. Kedudukan satu sama bertahan hingga babak pertama berakhir.

Usai turun minum, Timnas Singapura kembali harus kehilangan satu pemain setelah Irfan Fandi juga diganjar kartu merah pada menit ke-67. Unggul jumlah pemain, Timnas Indonesia malah kembali kebobolan melalui eksekusi bola mati Shahdan Sulaiman pada menit ke-74.

Ketinggalan satu gol membuat anak asuh Shin Tae-yong memanas. Tiga menit jelang pertandingan berakhir, Pratama Arhan berhasil membuka kembali harapan Indonesia melalui gol pada menit ke-87. Skor 2-2 membuat pertandingan harus dilanjutkan ke babak ekstra time.

Melawan Singapura dengan sembilan pemain tidak membuat Indonesia kesulitan. Squad Garuda tampil percaya diri dan mebombardir pertahanan Singapura. Hasilnya, kesalahan pemain Singapura membuat Indonesia unggul 3-2 dari gol bunuh diri Shawal Anuar di menit ke-91.

Merasa belum aman, Indonesia tetap menggedor lini belakang Singapura. Squad asuhan Tatsuma Yoshida terlihat kewalahan. Situasi ini bahkan memaksa kiper Singapura Hassan Sunny juga harus keluar lapangan setelah melakukan pelanggaran berat.

Indoensia memastikan langkah ke final setelah Egy Maulana Vikri yang turun sebagai pemain pengganti membobol gawang Singapura pada menit ke-107. (red)