Logo

Gubernur Rohidin Tanam Kayu Bawang di Ibu Kota Negara Nusantara

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ikut serta dalam penanaman pohon di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Senin (14/03/2022).

Dalam acara yang dihadiri presiden dan gubernur seluruh Indonesia ini, Rohidin menanam pohon Kayu Bawang sebagai kayu khas daerah dari provinsi Bengkulu. Sementara Presiden Jokowi menanam Pohon Meranti Merah.

“Kita sama-sama berharap penanaman pohon kayu bawang ini menjadi simbol kehidupan baru di IKN Nusantara,” kata Rohidin.

Rohidin menegaskan, Bengkulu akan memberikan kontribusi terbaik atas terbentuknya Ibu Kota Negara Indonesia yang baru di Pesisir Timur Pulau Kalimantan. Sebelumnya, gubernur juga telah meletakkan tanah dan air dari Bengkulu di IKN.

“Saya mewakili masyarakat Bengkulu jelas merasa bangga dan siap berkontribusi terbaik bagi Ibukota Negara Indonesia yang baru. Kami juga telah meletakkan tanah dan air dari Bengkulu sebagai simbol kebersamaan dalam rajutan NKRI,” ujar Rohidin.

Rohidin mengatakan, posisi IKN yang ditempatkan di wilayah Kalimantan merupakan keputusan yang tepat. Tempat ini menurutnya memiliki potensi bencana yang kecil dan masyarakat heterogen.

“Kota di sini sudah berkembang, dari sisi bencana relatif kecil, seperti tsunami dan letak gunung berapi yang jauh, serta  masyarakatnya sangat heterogen,” imbuhnya.

Selain itu, Pemerintah Pusat juga menunjuk Balikpapan sebagai lokasi sementara Kantor Kepala Kawasan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Balikpapan kita ketahui merupakan kota besar dan dekat dengan Samarinda. Beberapa infrastruktur sudah tersedia, seperti Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dan Trans-Kalimantan. Bandara ada di Balikpapan dan Samarinda. Begitu pula dengan pelabuhan Peti Kemas di Kariangau dan Pelabuhan Semayang, keduanya ada Balikpapan,” jelasnya.