Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Dempo Xler Komentari Penghargaan BPN dari KIP: BPN itu Bobrok

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler. Foto, Cindy/BN

BENGKULU – Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler mengomentari penghargaan yang diberikan KIP untuk Badan Pertanahan Nasional. Menurut Dempo, penghargaan itu tidak layak.

“Indikator yang diberikan teman-teman KIP itu benar. Mereka melihat data dan akses informasi yang mudah. Mungkin dalam penilaian KIP, BPN itu terbaik,” ujarnya, Sabtu (9/12/2023).

Ia menyebut, BPN itu adalah institusi yang bobrok. Alasannya, karena BPN termasuk institusi yang sulit untuk dimintai informasi, termasuk saat dimintai oleh DPRD Provinsi.

“BPN yang bobrok bisa dapat penghargaan, berarti yang lain lebih bobrok dari BPN. Apa Bobroknya? Teman-teman media, pemerintah, DPR, itu selalu kesulitan untuk mendapatkan data,” ujar Dempo.

WhatsApp Image 2022 03 17 at 15.53.14
Ketua Komisi IV Dprd Provinsi Bengkulu Dempo Xler. Foto, Cindy

Saat dimintai data, kata Dempo, BPN selalu beralasan meminta surat resmi. Padahal, permintaan data itu dilontarkan melalui rapat resmi dengan DPRD.

“Sudah rapat pun kita dengan mereka, mereka tidak bawa data. Selalu alasannya, surat resmi,” ungkapnya.

Dempo mengatakan, sesuai dengan undang-undang, BPN semestinya menyampaikan informasi melalui website atau menyampaikan melalui media agar bisa diakses secara mudah oleh masyarakat.

“Saya pernah bertanya, bagaimana peta digital punya BPN, jawaban BPN itulah indikator peta sebenarnya. Waktu kami cek ke lapangan, tidak benar petanya. Lalu jawaban BPN, itu cuma acuan bukan sebenarnya. Lalu untuk apa ditayangkan di web,” ujar Dempo. (Advetorial)

Baca Juga
Tinggalkan komen