Logo

Buku “Politik Hukum” Karya Mahfud MD Raih Anugerah Konstitusi

bengkulunews.co.id – Buku “Politik Hukum” karangan pakar hukum tata negara yang juga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, mendapatkan award sebagai karya hukum paling monumental. Award itu diberikan pada acara Anugerah Konstitusi M. Yamin dalam rangka Konferensi Nasional ke-3 Hukum Tata Negara, yang berlangsung di Bukittinggi, Selasa malam, 6 September 2016.

Buku Politik Hukum dinilai sebagai karya hukum paling monumental karena telah dijadikan rujukan dan pegangan oleh siapa saja yang menggeluti hukum tata negara di Indonesia. Keputusan itu diumumkan oleh dewan juri yang diketuai oleh Todung Mulya Lubis dengan anggota antara lain Saldi Isra, Anhar Gonggong, Ni’matul Huda, dan Budiman Tanuredjo. Mahfud MD sendiri pada malam anugerah itu hadir untuk menyampaikan orasi konstitusi Muhammad Yamin di hadapan para akademisi, praktisi, dan peminat hukum tata negara.
“Ahli hukum tata negara merasa belum sah menjadi sarjana hukum tata negara bila belum membaca buku karya M. Yamin” tegas Mahfud dalam orasi ilmiahnya.

Selain Mahfud MD, anugerah konstitusi juga diberikan kepada Bagir Manan untuk kategori pengabdi tata negara seumur hidup (lifetime achievement), Zainal Arifin Mochtar untuk kategori pemikir muda hukum tata negara, dan Tri Agung Kristanto untuk kategori jurnalis konstitusi.

Anugerah Konstitusi untuk karya monumental sebelumnya, pada tahun 2014, disematkan kepada Adnan Buyung Nasution yang menulis disertasi berjudul “Aspirasi Pemerintahan Konstitusional di Indonesia (Studi Sosio-Legal Atas Konstituante 1956-1959)”, saat menyelesaikan studi doktor di Univesitas Utrecht, Belanda. (101/jun)