Logo

Arus Balik di Provinsi Bengkulu Ramai Lancar

BENGKULU – Arus balik setelah hari Raya Idul Fitri meningkat pesat dari pantauan terakhir Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu di lapangan, kepadatan pemudik dilihat dari perbatasan provinsi.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Sepragusri menyampaikan bahwa peningkatan kepadatan terjadi di beberapa tempat wisata, sedangkan arus balik yang lancar dapat dilihat dari berbagai wilayah.

“Masing-masing wilayah lancar, terlihat dari jalan Muko-muko dan dari Bengkulu menuju Rejang Lebong,” kata Sepragusri pada Bengkulunews.co.id siang ini, Senin (09/05/22).

Sepragusri menyampaikan bahwa kendaraan yang mendominasi terjadinya peningkatan arus balik mudik berasal dari berbagai plat, baik berasal dari daerah Bengkulu maupun daerah lain.

“Sepanjang lebaran jalan ramai, belum diketahui bahwa kepadatan tersebut disebabkan oleh arus balik atau hanya berwisata di dalam wilayah Kota Bengkulu, tidak bisa dipisahkan. Tapi yang terpenting adalah pengaturan berjalan lancar dan semuanya sudah diatur oleh diklantas dan jajarannya dari masing-masing wilayah, termasuk Dinas Perhubungan Provinsi dan Kabupaten,” ujar Sepragusri.

Sepragusri mengatakan untuk pemudik sudah memiliki tingkat kesadaran yang bagus, dalam mengatur ketertiban. Ia juga berharap masyarakat dapat terus mematuhi peraturan lalu lintas.

“Jika patuh dengan peraturan maka tingkat kecelakan pun akan minimal. Selain itu pengendara juga harus menggunakan kendaraan yang aman dan nyaman,” demikian Sepragusri.

Berdasarkan data yang didapat oleh Bengkulunews.co.id puncak arus balik terjadi pada H+5 lebaran. Seperti terlihat pada lalu lintas kendaraan di jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung.

Menurut data dari Polda Bengkulu, kendaraan yang melewati jalan tol tercatat sebanyak 13.364 sejak dibuka pada 26 April lalu. Sedangkan untuk angkutan udara mencapai 23.347 terhitung sejak H-3 lebaran.