Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Tips Berpuasa Aman Bagi Penderita Asam Lambung

Ramadhan merupakan bulan suci yang selalu dinantikan oleh masyarakat, setiap setahun sekali. Bagi umat muslim berpuasa adalah hal menahan lapar dan haus selama satu bulan, namun bagaimana ya dengan penderita asam lambung.

Puasa sendiri mewajibkan seseorang untuk mengosongkan saluran pencernaan dari subuh hingga magrib, hal tersebut ditakuti oleh penderita asam lambung karena dapat menyebabkan mual, begah, kembung dan lainnya.

Sehingga menjalankan ibadah puasa menjadi tidak nyaman dan tenang. Lantas bagaimanakah tips agar puasa aman bagi para penderita maag, asam lambung maupun GERD? berikut penjelasannya.

  1. Hindari Makanan Berlebih

Bagi penderita asam lambung maupun maag, ketika berbuka puasa dianjurkan untuk tidak makan secara berlebihan. Karena dapat menyebabkan beberapa gangguan pencernaan dan peningkatan asam lambung.

Hal itu terjadi karena makaman terlalu banyak akan memberikan tekanan pada lambung, sehingga asam lambung menjadi naik. Enzim yang ada pada tubuh memiliki jumlah terbatas, oleh karena itu butuh waktu cukup lama untuk mencerna makanan.

Jika makan terlalu banyak saat berbuka, akan membuat rasa tidak nyaman dan sakit pada perut. Baiknya ketika berbuka cobalah makan dengan porsi sedkiti, usahakan jangan langsung mengkonsumsi makanan berat, pedas maupun asam.

  1. Makanlah Dengan Tenang, Jangan Terlalu Cepat

Ketika berbuka jangan makan terburu-buru, karena dapat menimbulkan dampak negative bagi tubuh. Makan cepat akan menimbulkan rasa mual maupun kembung pada perut. Hendaknya berbuka dan menikmati makana dengan perlahan, agar makanan dapat dicerna dengan baik.

  1. Hindari Makanan Berminyak dan Pedas

Bagi penderita asam lambung, maag maupun GERD wajibΒ  menghindari makanan berminyak dan juga pedas ketika berpuasa. Karena akan menimbulkan dampak buruk bagi pencernaan. Lemak yang tidak sehat dapat menjadi musuh bagi penderita maag, karena pencernaannya yang lambat dan memicu naikknya asam lambung.

  1. Hindari Tidur Setelah Makan

Hal lain yang harus dilakukan adalah menghindari tidur setelah berbuka, karena tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makaanan. Jika tertidur setelah makan maka pencernaan akan terganggu, namun jika tidak bisa ditahan usahakan tidur dengan posisi setengah duduk. Sehingga posisi kepala dan bahu lebih tinggi dari pada perut.

  1. Mengkonsumsi Menu Sehat

Bagi penderita maag pilihlah menu makanan yang sehat dan sesuai bagi penderita pencernaan. Cobalah mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, karena akan mengurangi risiko keluhan maag. Karbohidrat dapat menyerap asam lambung yang berlebih, sehingga menkonsumsi makanan seperti nasi atau oatmeal sangat baik. Penderita maag juga bisa mengkonsumsi dada ayam atau ikan, buah seperti apel, pisang dan pir.

  1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Agar tubuh seimbang pastikan mengkonsumsi air putih sebanyak delapan gelas sehari selama bulan puasa, empat liter saat sahur dan empat liter saat berbuka. Supaya tubuh tidak dehidrasi dan cukup terpenuhi cairan. Hal terpenting lainnya saat berbuka jangan minumΒ  air es saat berbuka, cobalah mengkonsumsi air hangat kuku agar perut menjadi nyaman.

Baca Juga
Tinggalkan komen