Bengkulu News #KitoNian

Tak Terawat, Mess Pemda dan Persada Bung Karno Bakal Disewakan

Sekda dalam rapat yang digelar di Ruang Rapat Rafflesia, Selasa (28/9/2021).

BENGKULU – Sekretaris Daerah (Sekda) Hamka Sabri menyampaikan akan memanfaatkan Mess Pemda dan Persada Bung Karno Provinsi Bengkulu menggunakan sistem sewa. Menurut Hamka, sistem sewa merupakan salah satu cara dalam mengoptimalkan pemanfaatan Barang Milik Daerah (BMD).

“Menurut kita, penyewaan bangunan ini adalah jalan yang paling singkat dan efektif untuk memanfaatkan dan menyelamatkan bangunan ini,” jelas Sekda dalam rapat yang digelar di Ruang Rapat Rafflesia, Selasa (28/9/2021).

Rencana ini, lanjut Sekda, harus cepat ditindak lanjuti karena melihat kondisi bangunan Mess Pemda dan Persada Bung Karno saat ini. Jika dibiarkan, bangunan ini akan terbengkalai dan tidak layak.

“Jika dibiarkan dan lambat ditangani, bangunan ini akan terbengkalai saja dan menjadi bangunan yang tidak layak,” ucap Hamka Sabri.

Pemerintah Bengkulu sudah memulai beberapa rencana salah satunya membentuk tim yang bertanggung jawab atas penyewaan ini.

“Mudah-mudahan dengan tim yang terbentuk, kita dapat menyelesaikannya dengan cepat,” tegas Sekda.

Kepala Biro pemerintahan Provinsi Bengkulu Edie Hartawan mengatakan, pemanfaatkan aset pemerintah daerah untuk dijadikan pendapatan dengan menggunakan pola sewa. Hal ini dikarenakan pola kerja sama akan memakan waktu cukup lama karena harus ada perusahaan dan investasi, sedangkan pola sewa bisa langsung ditaksir dengan periode waktu yang tidak terlalu lama.

Penyelamatan ini, tambah Edie, tentu harus ada pemeliharaan dengan melihat kondisi sekarang seperti biaya pemeliharaan. Hal tersebut sudah direncanakan. Kemudian pemanfaatan dalam rangka peningkatan pendapatan daerah.

“Upaya ini sudah dimulai dari tahun 2010 hingga saat ini belum clear. Mudah-mudahan denga tim yang terbentuk nanti akan dapat segera diselesaikan,” kata Edie. (red/mc)

Baca Juga
Tinggalkan komen