Logo

Sabet Top BUMD, Direktur PDAM : Berikan Pelayanan kepada Masyarakat Lebih Baik

Bengkulu – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kota Bengkulu berhasil mengukir prestasi. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Pemkot Bengkulu itu berhasil menyabet penghargaan TOP BUMD 2019 dengan kategori pelanggan 30.000-100.000 ribu. Penghargaan ini juga menjadi pekerjaan rumah bagi PDAM Kota untuk berbuat lebih baik dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dengan kategori TOP Pembina 2019.

“Alhamdulillah ada ada pihak luar yaitu Majalah Top Business yang menilai kinerja kami dan menurut mereka layak untuk diberikan perhagaan. Kami berkomitmen kedepannya berbuat lebih banyak dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat Kota Bengkulu akan lebih baik lagi,” kata Direktur PDAM Kota Bengkulu, Sjobirin Hasan, kepada bengkulunews, Kamis (12/9/19).

Dia mengatakan keberhasilan juga tidak lepas dari usaha serta dukungan Wali Kota Helmi Hasan serta stakeholder yang ada. Keberhasilan ini tidak akan tercapai apabila tidak ada usaha, komiten bersama untuk memajukan serta mengembangkan PDAM Kota Bengkulu.

Dia menambahkan, pertama kali dirinya menjadi Direktur PDAM budaya kerja di BUMD, itu masih sangat buruk. Terlebih kondisi keuangan perusahaan kacau serta terjerat utang.

Dengan kondisi seperti itu, dia menegaskan kepada seluruh karyawan untuk mengubah budaya serta paradigma kerja dan mengerakkan neraca pendapatan dengan melakukan inovasi-inovasi.

“Saya minta para karyawan berkomitmen untuk berubah menjadi lebih baik. Bekerja dengan maxsimal dalam melakukan pelayanan terhadap pelanggan. Kami juga rutin melakukan peningkatan SDM di internal PDAM Kota Bengkulu,” jelas Sjobirin.

Tak hanya itu, Sjobirin juga menerapkan rumus 5S (Speed, Systematic, Simplified, Satisfaction and Safety). Jurus ini secara perlahan tapi pasti berhasil menaikkan progres capaian kinerja korporasi.

“Alhamdulillah, hasilnya baik. Capaian kinerja naik setiap tahunnya,” kata dia.

Lebih lanjut ia menerangkan, berdasarkan data Badan Peningkatan Penyelengaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) capaian kinerja PDAM menunjukkan trend positif.

Pada tahun 2014 PDAM Kota Bengkulu peroleh nilai 2.185, 2015 mendapat nilai 2.590, 2016 bernilai 3.140, 2017 dengan nilai 3.190. Di tahun 2018 dengan nilai 3,320 dengan predikat atau kategori sehat.

“Alhamdulillah capain ini merupakan kerjasama yang profesional dan rasa ikhlas dari seluruh komponen yang ada di internal PDAM Tirta Kota Bengkulu. Serta dukungan dari pemerintah daerah yang telah mendukung PDAM untuk tetap maju dan berkembang,” ungkap Sjobirin.

Reporter : Yudi Arisandi