Logo

Perdana di Era Kepemimpinan Duo RM, Festival Tabot 2016 Tampil Beda

bengkulunews.co.id – Event tahunan masyarakat Provinsi Bengkulu yakni Festival Tabot, yang untuk kali pertama diselenggarakan di bawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Mukti dan Wagub Rohidin Mersyah diyakini akan tampil beda dibanding penyelenggaraan Festival Tabot sebelumnya.

Tabot adalah upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang kisah kepahlawanan dan kematian cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib dalam peperangan dengan pasukan Ubaidillah bin Zaid di Padang Karbala, Irak, 10 Muharam 61 Hijriah (681 M).

Wagub Rohidin mengatakan pelaksanaan Festival Tabot tahun ini harus disempurnakan dengan melakukan perbaikan-perbaikan dalam semua aspek penyelenggaraan. Festival Tabot merupakan festival seni budaya yang diharapkan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat. Karenanya perlu kerjasama yang baik dan kepanitiaan yang dibentuk harus maksimal.

Sebagai ajang perkenalan budaya, setiap kabupaten di Provinsi Bengkulu juga harus berpartisipasi dengan turut serta menampilkan kebudayaan asli daerah. Sebab Festival Tabot memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menyaksikan setiap rangkaian acara Tabot.

“Kita juga akan mengundang saudara kita, orang Bengkulu yang ada di luar negeri untuk menyaksikan Tabot dan juga tokoh nasional untuk menyaksikan Festival Tabot 2016,” kata Rohidin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Rudi Permana mengatakan Festival Tabot 2016 akan diselenggarakan pada tanggal 1 sampai 10 Oktober mendatang, yang kegiatan acaranya terpusat di Lapangan View Tower Kota Bengkulu.

“Berbagai perlombaan, festival dan acara akan diadakan pada Festival Tabot tahun ini yang diharapkan akan lebih meriah,” ujar Rudi. (126)