Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Haid Tidak Teratur? Mungkin Ini Penyebabnya

Penulis : Cindy

Ilustrasi. Klikdokter

Haid atau Menstruarsi adalah proses meluruhnya dinding rahim guna untuk membersihkan rahim dari pembuluh darah, kelenjar, dan juga sel-sel yang keluar dalam bentuk darah karena tidak adanya pembuahan. Biasanya Siklus haid terjadi selama 28 hari sekali atau paling cepat 21 hingga 25 hari sekali, masa haidpun bisa 3 hari bahkan seminggu. Namun, beberapa perempuan memiliki siklus yang tidak menentu kadang cepat, terlambat ataupun tidak sama sekali. Kira-kira apa ya penyebabny?

1. Stress

Banyaknya pemikiran yang dibebankan ikut mempengaruhi siklus haid, ketika anda depresi atau mengalami stres berkepanjangan. Hypothalamus pada bagian otak yang berfungsi mengatur hormon siklus haid ikut terpengaruh, sehingga saat anda stres hormon pengatur menjadi tidak seimbang dan haidpun tidak teratur.

2. Pola Hidup

Mempertahankan pola hidup sehat samgat berpengaruh pada siklus menstruarsi loh, namun jika berlebihan dalam berolahraga serta membuat penurunan berat badan yang drastis dapat menyebabkan Hopogomadisme yaitu berkurangnya hormon reporduksi yang mengatur siklus menstruarsi.

3. Kehamilan

Kehamilan juga merupakan salah satu pemyenab haid tidak teratur, karena umumnya tanda-tanda kehamilan adalah terhentinya menstruarsi. Namun untuk memastikan hal tersebut amda dapat melakukan tes kehamilan atau melakukan USG ke rumah sakit.

4. Tiroid

Kelenjar tiroid terdapat di bagian leher dan berfungsi untuk memproduksi hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Jika kelenjar tiroid bermasalah, menstruasi pun juga akan terpengaruh.

Untuk memastikan hal-hal tersebut, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan. Agar diberikan penanganan lebih lanjut, namun yang pasti anda harus terap menjaga pola hidup sehat serta, berfikir positif. Untuk dapat membantu mempelancar siklus menstruarsi.

Baca Juga
Tinggalkan komen