Diskoperindag Rejang Lebong Buka Pendaftaran BLT UMKM 2021

BENGKULU – Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Rejang Lebong kembali membuka pendaftaran bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Rejang Lebong yang ingin menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahun 2021.

Bantuan BPUM atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM diberikan kepada pelaku usaha mikro yang belum tersentuh Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank manapun.

Plt. Kepala Diskoperindag Kabupaten Rejang Lebong, Buldani, SH, mengatakan, program BPUM dibuka seluas-luasnya bagi pelaku UMKM di Kabupaten Rejang Lebong.

Untuk cara pendaftaran, lanjut Buldani, pelaku UMKM diminta untuk melengkapi persyaratan yang telah ditentukan dan pelaku usaha mikro diminta untuk melakukan pendaftaran melalui perangkat desa atau kelurahan masing-masing.

“Pendaftarannya sudah kita buka dari tanggal 10 April 2021,” ujar Buldani kepada Media Center saat ditemui diruang kerjanya, Selasa, (20/4) siang.

“Untuk syarat pengajuannya masih sama seperti tahun lalu yaitu, Foto Copy KTP, KK, surat keterangan usaha, foto usaha, dan surat peryataan tanggung jawab mutlak,” ucap Buldani.

Baca Juga

“Dan juga pelaku usaha mikro harus mengajukan berkas persyaratan melalui perangkat desa atau kelurahan baru diserahkan ke pihak Dinas terkait,” katanya.

Buldani menjelaskan, pelaku usaha yang mengajukan dan dinilai layak diberikan bantuan akan menerima BLT sebesar Rp 1,2 juta. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan program tahun lalu sebesar Rp 2,4 juta.

Dalam kesempatan yang sama, Buldani mengajak seluruh pelaku usaha mikro di Kabupaten Rejang Lebong untuk mengajukan berkas pendafataran untuk menerima BLT UMKM.

“Bagi pelaku usaha yang sudah pernah mendapatkan bantuan serupa ditahun 2020, ternyata masih bisa daftar lagi,” pungkasnya. (ANDI)

Untuk diketahui bagi pelaku UMKM yang berhasil lolos dan menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) dapat dilihat di sini https://eform.bri.co.id/bpum. (MC/RL)

Baca Juga