Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

BPJS Ketenagakerjaan Perluas Perlindungan Bagi UMKM

BPJS Ketenagakerjaan yang bergandengan dengan PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) mengambil langkah untuk memperluas jangkauan Perlindungan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi masyarakat Indonesia dan UMKM lewat aplikasi AYO SRC.

Deputi Direktur Bidang Kepesertaan Program Khusus BPJS Ketenagakerjaan I, Putu Wiradana menuturkan bahwa kerjasama yang terjalin tersebut dituangkan dalam bentuk integrasi kanal daftar dan kanal bayar. Hal tersebut untuk menjangkau lebih banyak pekerja Indonesia, terkhusus pemilik beserta karyawan toko kelontong.

Tujuannya adalah agar para pekerja mendapatkan perlindung atas risiko kerja, seperti kecelakaan saat bekerja maupun dalam perjalanan menuju dan pulang dari tempat kerja.

“Pendaftaran dan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan akan dapat dilakukan melalui lebih dari 225.000 UMKM Toko SRC yang tersebar di seluruh Indonesia. Sehingga, masyarakat kini dapat lebih mudah mendapatkan akses dan manfaat perlindungan atas risiko kerja,” kata Wira dikutip dari cnbcindonesia.com Selasa (21/03/23).

Adapun BPJS Ketenagakerjaan memiliki target perlindungan yakni 70 juta pekerja di tahun 2026. Hal tersebut dapat tercapai dengan mengambil langkah pendekatan khusus, agar para pekerja dapat memahami pentingnya jaminan sosial dan mendaftarkan diri. Pendekatan tersebut bernama Kampanye β€˜Kerja Keras Bebas Cemas’.

Program SCR ini sudah mencapai 225.000 toko tersebar di Indonesia, sejak dimulai tahun 2 008 hingga November 20022. Peluncuran kerja sama tersebut menjadi awal dibukanya Pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi AYO SRC. Sedangkan untuk pembayaran dapat melalui aplikasi AYO SRC Β dalam waktu dekat.

Baca Juga
Tinggalkan komen