Logo

Tiga Pemain Indonesia Masuk Nominasi Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

NUSANTARA – Timnas Indonesia sukses menundukkan Singapura melalui laga dramatis di semifinal Piala AFF 2020. Indonesia berhasil melaju ke final setelah mematahkan perjuangan tim tuan rumah dengan agregat 5-3.

Di final, skuad asuhan Shin Tae-yong akan berhadapan dengan tim langganan juara, Thailand. Skuad gajah perang berhasil menundukkan perlawanan Vietnam dengan agregat 2-0. Pertandingan final akan digelar pada Rabu (29/12/2021) dan Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

Sepanjang gelaran Piala AFF 2020, sejumlah pemain dari berbagai tim di Asia Tenggara sukses menyita perhatian publik. AFF telah merilis enam pemain yang masuk ke dalam nominasi pemain muda terbaik. Tiga diantaranya adalah pemain dari Indoensia.

Keenam pemain yang masuk dalam nominasi semuanya berusia 21 tahun ke bawah. Tiga pemain Indonesia yang masuk dalam kategori ini ialah Pratama Arhan, Alfeandra Dewangga, dan Witan Sulaeman.

Pratama Arhan

Sepanjang Piala AFF 2020, pemain yang baru berusia 20 tahun ini menunjukkan perannya sebagai bek kiri yang mumpuni. Arhan tercatat sukses melakukan clearance dan intercept yang membuatnya ditakuti oleh penyerang lawan.

Pemain kelahiran Blora ini memiliki ciri khas lemparan ke dalam yang cukup jauh. Keberadaanya di timnas sejauh ini telah menyumbang dua gol, dua assist, dan sembilan umpan kunci.

Alfeandra Dewangga

Nama Alfeandra dalam Piala AFF 2020 juga turut menjadi perhatian. Bek tangguh Indonesia berusia 20 tahun ini menjadi pemain inti skuad garuda dalam urusan bertahan.

“Alfeandra yang berusia 20 tahun adalah prototipe bek tengah modern,” tulis keterangan di laman resmi Piala AFF.

Alfeandra dinilai mempunyai bakat sebagai bek masa depan. Keunggulannya dalam duel udara dan penguasaan bole membuat namanya masuk ke dalam nominasi pemain muda terbaik.

Hingga kini, Alfeandra tercatat 25 clearance, 23 intercept, dan empat blok. Ia juga termasuk sebagai pemain yang berani dan tak jarang menjadi motor serangan Indonesia.

Witan Sulaeman

Nama terakhir yang masuk kategori Pemain Muda Terbaik dari Indonesia yakni, Witan Sulaeman. Posisinya sebagai winger membuat Witan diperhitungkan dalam pertandingan Indonesia.

Pria berusia 20 tahun ini disebut memiliki visi dan gaya permainan yang bagus. Witan tercatat telah membukukan dua gol dan tiga assist pada Piala AFF 2020.

Ketiga pemain Indonesia yang masuk dalam nominasi pesepak bola muda terbaik pada Piala AFF 2020 akan bersaing dengan tiga nama lain, yakni Sieng Chanthea (Kamboja), Thanawat Suengchitthawon (Thailand), dan Paulo Gali (Timor Leste).

Para penikmat sepak bola bisa memberikan pendapat dalam proses pemilihan pemain muda terbaik Piala AFF 2020 dengan memilih salah satu kandidat di kolom polling AFF Suzuki Cup 2020.

Berikut daftar Nominasi Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020:
Witan Sulaeman (Indonesia)
Sieng Chanthea (Kamboja)
Alfeandra Dewangga (Indonesia)
Thanawat Suengchitthawon (Thailand)
Paulo Gali (Timor Leste)
Pratama Arhan (Indonesia). (red)