Sisa Tiga Persen, Kuota Elpiji Disebut Cukup untuk Dua Bulan

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Bengkulu Ir. Fachriza, MM

BENGKULU – Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Bengkulu Ir. Fachriza menyebut ketersediaan Gas Elpiji 3Kg di Bengkulu masih mencukupi untuk dua bulan ke depan.

Fachriza mengatakan, pengunaan elpiji di Bengkulu saat ini menyisakan tiga persen dari 52.391 metrik ton yang disiapkan oleh pertamina.

“Berdasarkan data dari Pertamina Kuota kita berada pada angka 52.391 metrik ton, Insya Allah untuk kebutuhan Provinsi kita dua bulan lagi akan mencukupi. Karena realisasi sampai saat ini mencapai 97% dan masih ada 3 % lagi yang masih tersedia,” ungkap Fachriza, Minggu (30/10/2022).

Meski angkanya mencukupi, Fachriza tidak menampik jika kekurangan tetap akan terjadi. Ini disebabkan oleh adanya persoalan distribusi dari pangkalan ke warung.

“Yang tadi seharusnya dari Pangkalan itu langsung ke masyarakat pengguna yang berhak, namun ternyata menumpuk di warung-warung dan menjadi mahal atau dijual ke pihak lain lagi,” katanya.

Sebelumnya pada Jumat, 28 Oktober 2022, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menerbitkan surat edaran kepada kepala daerah se Provinsi Bengkulu yang berisi enam point terkait ketersediaan gas elpiji 3Kg.

“Agar segera berkoordinasi kepada Tim yang berada di tingkat Provinsi, baik dalam mengambil langkah-langkah atau pun tindakan untuk berkoordinasi kepada Aparat Penegak Hukum, atau ke pihak Pertamina sehingga semua hal tersebut bisa diatasi dengan baik” tegas Fachriza.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindag Provinsi Bengkulu, Ir. Yenita mengungkapkan hasil koordinasinya kepada Kepala Dinas Perindag di beberapa Kabupaten antara lain Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah dan Mukomuko dapat dipastikan stok Gas Elpiji 3Kg masih tersedia dan cukup, terdistribusi dengan baik dan lancar.

“Hasil koordinasi kami hari ini, kepada Dinas Perindag di Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah dan Mukomuko dapat dipastikan stok Gas Elpiji 3Kg masih tersedia dan cukup, terdistribusi dengan baik dan lancar” terang Kepala Dinas Perindag Provinsi Bengkulu, Ir. Yenita.

Baca Juga
Tinggalkan komen