Logo
Dempo Xler

Jangan Takut dengan Odha

Jangan Takut dengan Odha

Aksi simpatik hari HIV/AIDS di simpang lima Bengkulu

Bengkulu – Dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia setiap 1 Desember, Dinas Kesehatan Kota Bengkulu bersama mahasiswa dan beberapa komunitas peduli Aids menggelar aksi simpatik, di simpang lima Kota Bengkulu, Kamis (7/11/2017).

Aksi ini bercerita tentang orang dengan HIV/Aids (Odha) yang kerap diperlakukan tidak adil oleh masyarakat tempat ia tinggal.

“Melalui aksi ini kita berharap masyarakat tidak takut dengan Odha, yang berbahaya itu penyakitnya, bukan orangnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu, Susilawati.

Ditambahkan Susilawati, berdasarkan data yang diakumulasikan dari tahun 2001 hingga tahun 2017, Odha di Kota Bengkulu telah mencapai 900 orang.

Angka ini diambil dari data pemeriksaan di Rumah Sakit yang ada di Kota Bengkulu. Dari angka tersebut, jumlah terbanyak didominasi oleh laki-laki.

Untuk itu, melalui aksi ini ia berharap agar masyarakat dapat mengerti dan memahami tentang bahaya HIV/AIDS, serta menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

Beberapa hal yang harus dilakukan masyarakat untuk mencegah HIV/AIDS yakni, tidak melakukan sex sembarangan, tidak berhubungan intim diluar pasangan sah, tidak menggunakan Narkoba, serta berpegang teguh pada norma agama.

“Kita memberikan edukasi pada masyarakat. Mulai saat ini, kita berupaya untuk mencegah penyakit ini menular kepada orang lain,” ujarnya.