Logo

Jambore Literasi Dibuka, Minat Baca Masyarakat Diharapkan Meningkat

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Jambore Literasi bersama Bunda Literasi Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin di Halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, Selasa (11/7).

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri saat membuka acara mengatakan, kegiatan Jambore Literasi ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

“Kita menyambut baik dan ucapkan terima kasih kepada perpustakaan nasional yang telah melaksanakan Program literasi ini, karena dengan program yang hebat ini dapat menaikan indek gemar membaca di daerah serta menjalani amanat konstitusi,” tutur Sekda Hamka.

Ia juga memuji dinas perpustakaan yang kini telah menerapkan sistem digital untuk menjangkau dan mempermudah pembaca.

“Alhamdulillah saat ini dinas perpustakaan dan kearsipan Provinsi Bengkulu telah memakai sistem digital yaitu e- Perpus, yang dapat di akses oleh masyarakat di mana saja,” jelasnya.

Mewakili Perpustakaan Nasional Pustakawan Ahli Utama, Deni Kurniadi mengatakan, Jambore Literasi ini pertama kali dilakukan di Provinsi Bengkulu yang merupakan transformasi dan inklusi literasi di daerah.

“Gerakan gemar membaca di wujudkan dalam gerakan membaca Indonesia serta mengangkat Duta Baca Nasional, seperti Najwa Shihab, Tantowi Yahya, Andi F Noya dan terkahir Bola A Bong,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan kegiatan Jambore Literasi ini dapat meningkatkan gemar membaca di masyarakat, karena menurutnya sudah saatnya Indonesia keluar dari pandangan dunia tentang rendahnya indek membaca.

“Negara Indonesia sudah saatnya dari penghakiman dunia tentang negara yang indek membacanya rendah. Makanya kita saat ini terus menggalakan gemar membaca masyarakat,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Sekda Hamka Sabri bersama Pustakawan Ahli Utama menyaksikan pengukuhan Pengurus Daerah Ikatan Pustakawan Indonesia Kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu, mengunjungi stand Literasi dan Ruang Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu. Dalam Jambore Literasi tersebut juga ditampilkan Buku Karya Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. (Advetorial)