Logo

Hardiknas Bareng Idulfitri, Guru Diimbau Pakai Batik PGRI di Hari Raya

BENGKULU – Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang ditetapkan pada tangal 2 Mei 2022 diperkirakan akan bertepatan dengan hari raya Idulfitri 1443H.

Untuk memperingatinya, Pengurus Provinsi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bengkulu mengimbau agar anggotanya mengenakan batik PGRI saat melaksanakan sholat Idulfitri. Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris PGRI Bengkulu Bimas Yanto.

“Iya sifatnya imbauan,” kata Bimas pada bengkulunews.co.id, Sabtu (30/04/2022).

Namun, kata Bimas, aturan ini tidak memaksa. Para guru juga tetap diperbolehkan untuk mengenakan pakaian lain selain baju PGRI.

“Yang merasa nyaman pakai baju PGRI silahkan. Kebetulan kalau lebaran hari Senin bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional,” jelas Bimas.

Sebelumnya, PGRI Bengkulu menerbitkan Imbauan agar pengurus dan anggota PGRI Bengkulu untuk mengenakan Batik PGRI Kesuma Bangsa saat pelaksanaan sholat Idulfitri. Imbauan ini diterbitkan pada Sabtu 30 April 2022 dan ditandatangani oleh Ketua PGRI Bengkulu, Dr. Haryadi, S.pd, MM, M.Si.

Berikut bunyi imbauan tersebut :

“Pengurus PGRI Bengkulu mengimbau jika pemerintah menetapkan 1 Syawal 1443 H pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022, yang bertepatan pula dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2022, kiranya pengurus dan anggota PGRI kita sama-sama menggunakan batik PGRI Kesuma Bangsa saat melaksanakan Sholat Idulfitri”