Cadangan Beras Pemerintah Mengalami Penurunan

BENGKULU – Cadangan beras pemerintah secara nasional saat ini mengalami penurunan hingga dua ratus ribu ton dari seharusnya satu juta dua ratus ton.

Hal tersebut diungkapkan Manager Prum Bulog Divre Bengkulu, Irfan Arpian. Akibatnya, kata Irfan berpengaruh terhadap cadangan beras pemerintah di seluruh Prum Bulog di daerah termasuk di Provinsi Bengkulu.

“Kalau kondisi beras secara nasional memang mengalami kekurangan ya. Seperti kita ketahui kalau stok CBP yang dikuasai pemerintah itu sekitar dua ratus ribu ton dari seharusnya satu juta dua ratus ton, karena itu pengaruhnya otomatis kebawah juga berpengaruh,” kata Irfan Arpian, Selasa (27/12).

Ditambahkan Irfan, untuk stok cadangan beras pemerintah di gudang Bulog Divre Bengkulu saat ini tersedia seribu lima ratus ton dan pihaknya juga telah meminta tambahan dua ribu ton untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di awal tahun 2023 mendatang.

Sementara untuk penyerapan beras dari petani, ditahun 2022, Perum Bulog Divre Bengkulu telah melakukan penyerapan lebih kurang 800 ton.

Masih rendahnya penyerapan beras dari petani ini lantaran ada sejumlah aspek yang dinilai kurang dari ketentuan Bulog.

Baca Juga
Tinggalkan komen