Bengkulu News #KitoNian

Arti Kata Gwenchana yang Lagi Viral di Tiktok

Ilustrasi. BN

Platform sosial media TikTok tak henti-hentinya membawa tren viral yang dapat dengan mudah diikuti oleh para creator dan tentunya membuat rasa penasaran.

Salah satu tren yang saat ini sedang viral adalah video dan sound dengan istilah kata Gwenchana di dalamnya.

Gwenchana sendiri merupakan kata dari bahasa Korea yang banyak didengar dalam platform TikTok baru-baru ini. Kata ini dipopulerkan oleh seorang TikTokers asal Malaysia bernama Imran Bard (@imeringue2).

Para pengguna TikTok pun penasaran dengan kata Gwenchana yang diucapkan Imran Bard tersebut serta alasan mengapa ekspresinya menunjukan rasa sedih seperti itu.

Kata Gwenchana sendiri memiliki arti tidak apa-apa dan merupakan salah satu bentuk kata formal dalam Bahasa Korea. Istilah kata yang lebih formal adalah Gwenchanyo. Arti dasar dari kata ini adalah “baik” atau “tidak masalah.” Kata ini digunakan untuk mengekspresikan bahwa ia berada di posisi baik-baik saja setelah suatu insiden atau peristiwa tertentu.

Itulah alasan mengapa, dalam konten @imeringue2, ia mengucapkan kata gwenchana sambil menampilkan mimik muka yang tampak sedih kemudian menangis. Ini menunjukkan kondisi bahwa ia mengaku dirinya baik-baik saja, untuk menutupi kesedihan yang ia alami.

Contoh Penggunaan Kata Gwenchana

1. Ketika seseorang meminta maaf atas kesalahannya biasanya dijawab Gwenchana sering diartikan sebagai ‘tidak apa-apa’, ‘tidak perlu meminta maaf, ‘tidak masalah’

2. Ketika seseorang menanyakan apakah kamu baik-baik saja setelah terjatuh ataupun tengah mengalami hal yang berduka, jawaban gwenchana sama saja seperti arti biasanya yaitu tidak mengapa.

Jadi, kata gwechana ini umumunya digunakan oleh orang korea untuk menyatakan hal-hal yang tidak terlalu menjadi suatu masalah dan menolak secara halus. Penggunaan kata gwenchana ini lebih terkesan sopan di berbagai situasi atau menanggapi situasi apapun.

Baca Juga
Tinggalkan komen