Bengkulu
Logo

74 Ribu Warga Kota Bengkulu Menunggak BPJS Bisa Ikut Program REHAB

BENGKULU – Warga Kota Bengkulu yang menunggak iuran BPJS bisa mengikuti Rencana Pembayaran Bertahap. Program REHAB ini memungkinkan peserta untuk membayar tunggakan dengan cicilan.

Kabag Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kota Bengkulu, Ahmad Saibul Wapa mengatakan, program ini bertujuan untuk memudahkan peserta BPJS Mandiri untuk melunasi tunggakannya. Setelah lunas, kepertaan BPJS akan aktif kembali.

“Nanti kepesertaannya kembali aktif setelah pembayaran bertahap tunggakan terpenuhi,” katanya usai media gathering di salah satu hotal Kota Bengkulu, Kamis (15/06/2023).

Saibul menambahkan, peserta yang memiliki tunggakan bisa memilih lama waktu pembayaran bertahap. Jumlah simulasi cicilan bisa dilihat saat proses mendaftar di program tersebut. Nilai tunggakan dipastikan tidak berubah.

“Nilai tunggakannya tetap. Tapi nanti ditambahkan dengan iuran bulan berjalan,” sambungnya.

Saat ini, ungkap Saibul, sekitar 74 ribu peserta BPJS di Kota Bengkulu menunggak iuran. Angka keseluruhan mencapai sekitar Rp 36 miliar dari seluruh kelas yang ada.

“Jadi mereka bisa mengikuti program ini untuk memudahkan pembayarannya. Peserta bisa melakukan pendaftaran di aplikasi JKN,” ungkapnya.

Ada beberapa syarat dan ketentuan bagi peserta yang ingin ikut Program REHAB Iuran. Diantaranya memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan (4-24 bulan). Pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 28 bulan berjalan dengan pembayaran maksimal 12 tahapan.

“Seluruh proses pendaftaran program Rehab BPJS Kesehatan dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN,” ucapnya.