Logo

Reboisasi Perbukitan, TNI Gencar Tanam Pohon Vetiver

Gresik – TNI-AD dan Forkopimda di Jawa Timur gencar menanam ribuan bibit rumput Vetiver. di setiap titik lokasi yang dinilai rawan longsor maupun banjir. Sebelumnya di wilayah Korem 082/CPYJ dan Korem 083/Baladhika Jaya.

Penanaman vetiver yang dinilai dapat menjadi salah satu jenis vegetasi utama untuk menutup lahan perbukitan di kawasan hulu sungai, sekaligus mencegah banjir dan tanah longsor, itu dimulai di wilayah Korem 084/Bhaskara Jaya, tepatnya di Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada Minggu, (23/2/20).

Tak hanya Danrem 084/Bhaskara Jaya, Kolonel Inf Sudaryanto saja, namun, penanaman itu juga turut diikuti oleh Forkopimda setempat, terutama Bupati Gresik, Sambari Halim.

“Kurang lebih ada seribu bibit vetiver yang kita tanam,” ungkap Sudaryanto, sebagaimana rilis yang diterima diemail redaksi bengkulunews.

Penanaman itu, lanjut dia, merupakan tindak lanjut sinergitas yang dilakukan oleh pihak Kodam dengan Pemprov Jatim, khususnya dalam mengantisipasi sekaligus mencegah terjadinya bencana.

“Itu sudah menjadi program Pemerintah Pusat dan Pemprov Jatim,” bebernya.

Penulis : Redaksi