Logo

Benteng Van Den Bosch Tarik Perhatian Putra Presiden Jokowi

Ngawi – Tak hanya kalangan dewasa, ternyata keberadaan Benteng Van Den Bosch peninggalan Kolonial Belanda ikut menarik perhatian para kaum millennial, salah satunya ialah Putra Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep.

Kaesang Pangarep seakan penasaran dengan adanya benteng yang berada di sekitar area Mako Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad tersebut.

Meski terik sinar matahari terasa menyengat kulit, namun itu bukan menjadi halangan bagi Kaesang untuk melihat beberapa titik lokasi benteng sejarah yang dibangun pada tahun 1839-1845 silam itu.

Kaesang didampingi beberapa pejabat di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur mendatangi Benteng bersejarah tersebut.

“Benteng itu, merupakan satu bukti catatan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Ngawi yang ikut serta
merebut kemerdekaan,” kata Wadanyonarmed 12/Angicipi Yudha, Mayor Arm Adwi Prasetya, sebagaimana rilis yang diterima diemail redaksi, Selasa (26/11/19).

Dia mengatakan perawatan, hingga pengawasan Benteng tersebut dilakukan oleh pihaknya.

Sementara Danmenarmed 1/PY/2 Kostrad, Kolonel Arm Didik Harmono menyebut bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai sejarah perjuangan bangsanya. Sejarah telah mengajarkan berbagai kearifan, perjuangan hingga pengorbanan serta nilai-nilai luhur bangsa.

“Sebagai generasi penerus, sudah menjadi kewajiban kita untuk merawat dan memelihara bangunan bersejarah itu. Sebab, itu
merupakan salah satu langkah menuju bangsa yang beradab,” sampainya.

Penulis : Imam Yusup