Logo

Bambang Soesatyo Ketua MPR 2019-2024

Jakarta – Bambang Soesatyo terpilih menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024.

Terpilihnya Bambang Soesatyo atau yang akrab dipanggil Bamsoet dalam rapat paripurna, Kamis malam (3/10/2019).

Ia terpilih secara aklamasi setelah kandidat dari Partai Gerindra, Ahmad Muzani mundur dari pencalonan. Fraksi Partai Gerindra sepakat mengusung Bamsoet menjadi Ketua MPR.

“Kami Gerindra sudah sepakat usung Bamsoet sebagai Ketua MPR,” kata Ketua Fraksi Gerindra di MPR Riza Patria dalam di Senayan, Jakarta.

Riza mengatakan bahwa keputusan memilih Bamsoet berdasarkan hasil konsultasi antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Hasil konsultasi Prabowo dengan Megawati maka Prabowo dan Megawati sepakat untuk kepentingan lebih besar kami sepakat jaga MPR dalam forum musyawarah dalam memutuskan kebijakan penting,” terang Riza Patria.

Komposisi sepuluh pimpinan MPR periode 2019-2024 yang diusung fraksi partai politik dan DPD adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Golkar), dengan sembilan Wakil Ketua MPR yakni Ahmad Basarah (PDIP), Ahmad Muzani (Gerindra), Lestari Moerdijat (Nasdem), Jazilul Fawaid (PKB), Syarief Hasan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), Zulkifli Hasan (PAN), Arsul Sani (PPP) dan kelompok DPD, Fadel Muhammad.

Dalam pidato perdananya, Bamsoet, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Gerindra atas keputusan terakhirnya dalam mendukung dirinya sebagai Ketua MPR.

“Kami akan menjalankan tugas secara kolektif kolegial terhitung tanggal 3 Oktober 2019 sampai Oktober 2024,.”kata Bamsoet.

“Mari kita jadikan MPR sebagai rumah kebangsaan dalam menjalankan Pancasila dan UUD 1945,” tambahnya.

MPR kedepan diharapkan dapat mengatasi persoalan-persoalan ideologi bangsa dan mensosialisasikan empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika sebagaimana yang di gagas Ketua MPR Periode 2009-2014.

Penulis : Redaksi/Imam Yusup