Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Wings Air Rutin Lakukan sterilisasi Pesawat

Pontianak – Wings Air Rutin melakukan penyemprotan dan pembersihan pesawat berjadwal serta mandatori, guna memastikan kebersihan aspek higienis.

Hal ini dikemukakan Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, Sabtu (21/03/20).

Wings Air, jelas dia, beroperasi menggunakan pesawat jenis baling-baling (propeller). Total armada 64 pesawat yang terdiri dari 19 ATR 72-500 dan 45 ATR 72-600.

“Proses pembersihan pesawat dilakukan oleh tim teknisi dan aircraft interior exterior cleaning (AIEC), meliputi Aircraft Interior Cleaning (membersihkan bagian dalam pesawat) dan Aircraft Exterior Cleaning (membersihkan bagian luar pesawat), dengan rata-rata pengerjaan 60-120 menit,” beber Danang.

Rangkaian pembersihan rutin dan sterilisasi, lanjut dia, terus ditingkatkan pada setiap detail bagian pesawat, meliputi ruang kemudi (cokpit), dapur (galley), bagasi kabin (compartement), dinding kabin, kursi awak pesawat dan penumpang, penggantian penutup sandaran kepala (head cover) di kursi, area kargo (bagian bawah pesawat), pintu dan jendela pesawat, karpet lantai kabin, eksterior pesawat menyeluruh, tangga menuju pesawat dan lainnya.

Upaya ini dilakukan manajemen sebagai langkah preventif dan antisipasi utama mengenai dampak wabah virus corona virus disease (covid-19), Wings Air telah meningkatkan serta menjalani fase sterilisasi pengerjaan pesawat.

“Untuk pencegahan virus, intensitas sterilisasi terus dijalankan dan pengawasan komprehensif. Penyemperotan berkala cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku, sebelum proses penumpang masuk ke pesawat (boarding) dan ketika pesawat selesai menjalani rotasi (pergerakan),” tambahnya.

Selain itu, pembersihan dan sterilisasi pesawat dilakukan di pusat perawatan dan pemeliharaan di hangar, salah satunya di Batam Aero Technic (BAT), dengan rerata proses pengerjaan 120 menit.

Proses pengerjaan dan bahan obat (chemical) mengikuti standar yang sudah dibuat, misalkan penggunaan desinfektan saja harus yang terdaftar di EPA atau bebas digunakan pada pesawat dan telah disetujui oleh original equipment (pesawat) produsen (OEM).

Pelaksanaan proses dan prosedur sterilisasi dilakukan guna memastikan keselamatan penerbangan (safety first) sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan dengan pengawasan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandar udara.

“Kami senantiasa mengutamakan faktor keselamatan, keamanan serta kenyamanan awak pesawat, petugas layanan darat (ground handling) dan para tamu atau penumpang,” tegasnya.

Wings Air tunduk dan melaksanakan seluruh aturan penerbangan internasional, regulator dan ketentuan perusahaan dalam menjalankan operasional sesuai dengan standar operasional prosedur yang memenuhi persyaratan faktor operasional penerbangan.(rls)

Penulis:rilismanajemenlionairgroup
Editor : yas

Baca Juga
Tinggalkan komen