Bengkulu News #KitoNian

Lebong Smart City, 5 Kecamatan Dipasang Internet Gratis

Bupati Lebong Rosjonsyah Syahili

Lebong – Dalam rangka mewujudkan program Lebong Smart City, Pemerintah Kabupaten Lebong pada tahun 2020 ini akan memasang internet gratis di lima Kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

Bupati Lebong, H. Rosjonsyah, SIP. M. Si, menyadari masih ada beberapa wilayah di Kabupaten Lebong yang masih belum terjangkau oleh Fiber Optic (FO). Seperti di Kecamatan Pinang Belapis, Kecamatan Uram Jaya, Kecamatan Bingin Kuning, Kecamatan Topos, dan Kecamatan Rimbo Pengadang.

Menurut dia, internet menjadi teknologi yang sudah umum dimanfaatkan oleh masyarakat saat ini. Sayangnya, tidak semua daerah di satu Kabupaten sudah bisa menikmati teknologi tersebut.

Dampaknya, akan banyak sekali masalah yang bisa timbul ketika koneksi internet bermasalah, baik dari segi ekonomi, komunikasi, dan sebagainya.

“Bahkan di instansi pemerintah sekalipun dapat terganggu, dimana saat ini pemerintah tengah gencar mengkampanyekan sistem pemerintahan berbasis elektronik, seperti E-goverment, E-budgeting, maupun system online lainnya,” tambahnya, Selasa (21/1/20).

Untuk itu, pada tahun 2020 ini, Bupati melalui Dinas Komunikasi Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfo-SP) Kabupaten Lebong pun akan memasang internet gratis di lima kantor camat tersebut.

“Tahun 2020 ini, Kominfo-SP Lebong adakan Internet gratis kepada 5 kecamatan. Ini khusus untuk daerah yang belum terkoneksi dengan kabel FO. Internet gratis akan di pasang di kantor Camat Pinang Belapis, Uram Jaya, Bingin Kuning, Topos dan Rimbo Pengadang,” ungkap Kadis Kominfo-SP, Doni Swabuana, ST.

“Hal ini sebagai upaya menunjang program E-government. Dan sesuai dengan intruksi Bupati yang tak ingin lagi ada kendala dalam hal jaringan internet ini. Hal ini juga sejalan dengan upaya menuju Lebong Smart City,” tambahnya.

Dijelaskan Doni, pemasangan internet ini nantinya dengan VSAT (Very Small Aperture Terminal), dengan alat komunikasi satelit dengan antena. Dan sumber dana pemasangan internet tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Lebong tahin 2020 ini.

“Dengan VSAT menggunakan antena untuk menangkap jaringan dari satelit. Dananya dari APBD. Insya Allah teralisasi Februari (2020, red) mendatang. Saat ini tengah dalam persiapan pengadaan barang/jasa,” jelasnya.

Penulis : redaksi/yas

Baca Juga
Tinggalkan komen