Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Sekda : OTT Belum Tentu Menyelesaikan Masalah

Ilustrasi

Bengkulu – Sekretaris Daerah Nopian Andusti meminta agar Tim Satgas Saber Pungli dapat mendorong dan mendukung terciptanya pelayan publik yang lebih baik.

Dia mengatakan target dari Saber Pungli bukanlah OTT. Namun hal terpenting adalah bagaimana dengan keberadaan Tim Satgas Saber Pungli dapat mencegah jangan lagi ada Pungli.

“OTT itu belum tentu menyelesaikan masalah, tapi dengan melalui Satgas Saber Pungli ini diharapkan dapat memberikan pencerahan, dapat memberikan bentuk pecegahan terhadap upaya – upaya pungutan – pungutan liar,” kata Sekda Nopian Andusti saat membuka raker Satgas Saber Pungli Se Provinsi Bengkulu Tahun 2019, Kamis (18/7).

Raker Satgas Saber Pungli ini diikuti oleh 105 orang peserta, tampak hadir Kepala Inspektorat Provinsi Bengkulu Heru Susanto, Inspektur Pengawas Daerah (Irwasda) Polda Bengkulu, Asisten Bidang Pengawas (Aswas) Kejaksaan Tinggi, serta tamu undangan lainnya.

Sekda mengatakan bahwa harapan pemerintah Satgas Saber Pungli berperan aktif dan efektif menciptakan pelayanan publik yang lebih baik, lebih cepat, lebih murah dan lebih memuaskan masyarakat.

Begitu juga dengan masyarakat, untuk tidak memberikan uang pelicin (Pungli) kepada petugas atau mengambil jalur pintas agar lebih cepat dalam mengurus sesuatu pada pelayanan publik. Dia menegaskan agar masyarakat juga harus sadar dan tegas untuk tidak memberikan apa – apa kepada petugas.

“Sebab itu antara yang melayani dan dilayani harus sadar bahwa ini bukanlah suatu hal yang benar,” tegas Nopian.

Nopian mengimbau kepada unit – unit pelayanan Publik Dinas, serta Instansi OPD yang ada di lingkungan Provinsi Bengkulu maupun Kabupaten/Kota bahwa agar melayani sesuai SOP serta standar pelayanan, bukan cepat – lambat pelayanan tergantung dengan pungutan – pungutan yang diberikan.

“Kita semua adalah pelayan masyarakat, bukan masyarakat melayani kita, yang menggaji kita adalah masyarakat dan rakyat maka berikanlah pelayanan terbaik kepada mereka dan hindari semua bentuk pungutan – pungutan liar yang tidak resmi,” tutup Nopian.

Penulis : Imam Yusup

Baca Juga
Tinggalkan komen